Breaking News:

Baru Enam Bulan Bertani Strawberry di Lahan Tak Terpakai, Petani Ini Sudah Raup Omzet Puluhan Juta

Berawal dari obrolan santai di sebuah kedai kopi, membuat kehidupan seorang petani bernama Muhammad Roy Yudistira (44) sukses berbisnis strawberry

Penulis: Hilman Kamaludin | Editor: Darajat Arianto
TRIBUNJABAR.ID/HILMAN KAMALUDIN
Muhammad Roy Yudistira (44), petani strawberry di Desa Cikahuripan, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat yang sukses. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG BARAT - Berawal dari obrolan santai di sebuah kedai kopi, membuat kehidupan seorang petani bernama Muhammad Roy Yudistira (44) sukses berbisnis hingga bisa meraup keuntungan hingga puluhan juta rupiah per bulan.

Pria asal Desa Cikahuripan, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB) ini sukses bertani menanam strawberry di sebuah lahan mati. Padahal, dia baru seumur jagung menekuni bisnis dan bertani strawberry tersebut.

Roy mengatakan, awalnya dari sebuah obrolan santai bersama temannya di sebuah kedai kopi itu, tercetus topik untuk membuat sebuah tempat ngopi di lahan tidur yang tak terpakai. 

"Awalnya karena saya penggemar kopi, tiap hari ngopi bareng ada obrolan nyambung soal pertanian. Tiga bulan lalu, di lahan tidur yang dijadikan tempat ngopi itu saya dan teman mencoba menanam strawberry," ujar Roy di lahan pertaniannya di Lembang, (11/8/2021). 

Namun setelah dipanen, kata dia, hasil bisnis tersebut ternyata memang cukup menjanjikan. Padahal, dia hanya menanam 3.200 bibit strawberry yang dibudidayakan di lahan seluas 25 tumbak tersebut, dengan modal sekitar Rp 20 juta. 

Ia mengatakan, buah strawberry yang ditanam itu ternyata menghasilkan buah yang bagus hingga memiliki harga jual yang cukup tinggi meskipun saat ini ditengah pandemi Covid-19.

"Waktu itu dijual lewat temen, karena kan ketika itu baru coba-coba. Pas awal-awal itu omzet saya hanya sekitar Rp 300 ribu per hari," katanya.

Setelah dirasa cukup menjanjikan, Roy pun langsung berniat untuk serius dalam menekuni usaha tersebut hingga seiring berjalannya waktu, permintaan pasar pun kian meningkat. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved