Breaking News:

Sekolah Daring Sudah Dimulai, Aplikasi jadwal.guru Buatan FMIPA ITB Ini Mudahkan Bikin Jadwal KBM

Kondisi kegiatan belajar mengajar (KBM) daring akibat pandemi membuat sekolah harus membuat jadwal agar KBM berjalan lebih baik dan teratur

Editor: Siti Fatimah
Tribun Jabar/Gani Kurniawan
ilustrasi Wali Kota Bandung, Oded M Danial meninjau pelaksanaan pembelajaran jarak jauh (PJJ) murid SD melalui saluran televisi satelit Bandung 123 di ruangan utama masjid di RW 05, Kelurahan Cibangkong, Kecamatan Batununggal, Kota Bandung, Selasa (13/10/2010). Kanal TV Satelit Bandung 132 ini diluncurkan Pemerintah Kota Bandung dengan menayangkan program Padaringan (Pembelajaran Dalam Jaringan) berisi ratusan konten video mata pelajaran dari tingkat SD hingga SMP sebagai alternatif pembelajaran jarak jauh bagi siswa di masa pandemi Covid-19. 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Kondisi kegiatan belajar mengajar (KBM) daring akibat pandemi membuat sekolah harus membuat jadwal agar KBM berjalan lebih baik dan teratur.

Pembuatan jadwal baru tergolong sulit dan akan menguras waktu, tenaga, dan pikiran.

Dikutip dari keterangan resmi ITB, penggunaan jadwal lama yang mengacu pada jadwal tahun maupun semester sebelumnya pun tidak menjadi opsi terbaik karena akan menjadi monoton bagi guru dan bisa menimbulkan masalah lain berupa dibutuhkannya adaptasi kembali untuk melakukan penugasan jadwal yang sama padahal keseharian serta kesibukan guru bisa berbeda setiap tahunnya.

pembelajaran online
pembelajaran online (istimewa)

Kelompok Keahlian Matematika Industri dan Keuangan, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Institut Teknologi Bandung (ITB) meluncurkan aplikasi jadwal.guru pada 10 April 2021.

Aplikasi ini membantu pembuatan jadwal sekolah dengan mudah dan gratis. Jadwal.guru mencegah tabrakan penugasan antarguru dan bisa menerima input jika seorang guru punya hari saat ia tidak bisa bertugas.

Ini menjadi pengabdian masyarakat dari ITB untuk Indonesia.

Pembuatan aplikasi jadwal.guru didanai melalui Program Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat dan Inovasi ITB (P3MI-ITB) 2020.

Yusup harus rela belajar online di pinggir kali karena jaringan internet di kampungnya sangat susah, bahkan tidak ada.
Yusup harus rela belajar online di pinggir kali karena jaringan internet di kampungnya sangat susah, bahkan tidak ada. (Tribun Jabar/ M Rizal Jalaludin)

Penggunaan Aplikasi

Penggunaan aplikasi jadwal.guru dapat dimulai dengan membuat akun dan memverifikasi data di https://jadwalguru.com/ guna mengetahui asal sekolah pengguna.

Pengguna kemudian mengisi data penugasan dan kendala tambahan sesuai format yang sudah disediakan dalam bentuk label dan Excel. Jika sudah sesuai format, file data dapat diunggah ke aplikasi.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved