Breaking News:

Dua Harimau Positif Covid-19 di Ragunan, Lembang Park and Zoo Pastikan Aman, Kandang Hewan Pakai Ini

Pengelola obyek wisata Lembang Park and Zoo, Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB) mulai mewaspadai penyebaran Covid-19

Penulis: Hilman Kamaludin | Editor: Siti Fatimah
Istimewa
ilustrasi Lembang Park and Zoo (LPZ) 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG BARAT - Pengelola obyek wisata Lembang Park and Zoo, Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB) mulai mewaspadai penyebaran Covid-19 terhadap hewan, terutama harimau yang ada di obyek wisata tersebut.

Hal tersebut menyusul adanya dua harimau Sumatera bernama Hari dan Tino di Taman Margasatwa Ragunan (TMR) yang sudah terkonfirmasi positif Covid-19, sehingga hal ini membuktikan bahwa Covid-19 sudah menyebar terhadap hewan.

Manager Operasional Lembang Park and Zoo, Iwan Susanto, mengatakan, pihaknya sudah mendapat informasi terkait adanya dua harimau di TMR yang terkonfirmasi positif Covid-19 tersebut, sehingga antisipasi harus dilakukan agar kejadian yang sama tidak terjadi di Lembang Park and Zoo.

Baca juga: Dua Harimau di Ragunan Positif Corona, Alami Batuk & Sesak Napas, Bonbin Bandung Langsung Siap-siap

"Intinya, protokol kesehatan terhadap hewan harus diperketat saja. Nanti untuk teknisnya akan diarahkan dan dijelaskan oleh Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA)," ujarnya saat dihubungi melalui sambungan telepon, Senin (2/8/2021).

Kendati demikian, Iwan memastikan semua hewan yang ada di Lembang Park and Zoo, sejauh ini tetap sehat karena meskipun ditutup, perawatan hewan tetap dilakukan semaksimal mungkin.

"Kalau hewan pasti aman, terutama harimau yang kandangnya pakai dinding kaca. Jadi gak akan tertular dari mana pun karena tidak bisa berinteraksi langsung," kata Iwan.

Baca juga: Kronologi Dua Harimau Sumatera di TMR Positif Covid-19, Bergejala Flu, Lemas dan Sesak Napas

Antisipasi lainnya, kata Iwan, pihaknya juga sudah memperketat protokol kesehatan bagi karyawan yang masih bekerja untuk melakukan perawatan terhadap semua hewan yang ada di obyek wisatanya.

"Kalau pengunjung kan sekarang gak ada, tapi untuk karyawan protokol kesehatannya diperketat, seperti memakai masker dobel. Intinya, apapun kegiatan harus sesuai protokol kesehatan agar hewan yang ada tetap aman," ucapnya.

Sementara saat disinggung, terkait bakal adanya pemeriksaan atau tes Covid-19 bagi hewan di Lembang Park and Zoo oleh instansi terkait, pihaknya juga tetap akan mendukung dan mempersilakan hewannya diperiksa.

"Untuk hewan kalau mau diperiksa ya gak apa-apa, dan memang bisa. Tapi sampai saat ini, hewan itu tetap baik-baik saja kok," kata Iwan.

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved