Breaking News:

Pandemi Covid-19 Bukan Halangan, Sebanyak 127 Desa Wisata Ikuti Ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia

Jawa Barat menjadi salah satu provinsi penyumbang peserta terbanyak dalam event yang diselenggarakan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Penulis: Muhamad Syarif Abdussalam | Editor: Seli Andina Miranti
Istimewa
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno ajak masyarakat Kuningan buka desa wisata. 

Laporan Wartawan TribunJabar.id, Muhamad Syarif Abdussalam

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Provinsi Jawa Barat mulai mendampingi persiapan teknis pengelola 127 Desa Wisata yang berpartisipasi dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021.

Jawa Barat menjadi salah satu provinsi penyumbang peserta terbanyak dalam event yang diselenggarakan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) sejak pendaftaran ditutup pada 16 Juli lalu.

Kepala Disparbud Jabar, Dedi taufik, menyatakan bahwa komitmen tersebut terus dilakukan meski di tengah pandemi Covid-19.

Hal ini tidak terlepas dari analisis pasar terbesar kunjungan wisata lokal berada di Jawa Barat dengan jumlah penduduk terbesar di Indonesia.

“Kami terus mendorong Desa wisata dengan keunikan serta keaslian atraksi wisata alam, budaya, kuliner dan produk ekonomi kreatifnya terus ditingkatkan dari sisi kualitasnya,” ucapnya melalui ponsel, Kamis (29/7/2021).

Pendampingan yang dilakukan Disparbud Jabar bersama dinas pariwisata di tingkat kabupaten dalam rangka ADWI 2021 menyangkut banyak hal. Di antaranya pemanfaatan digital marketing atau promosi melalui media sosial.

Juga dalam hal yang berkaitan dengan penilaian ADWI, yakni pembuatan foto atau video untuk video profil desa wisata, pengelolaan homestay, toilet, standar CHSE, penguatan produk lokal, pengemasan produk dan brandingnya.

Baca juga: Raperda Prakarsa Desa Wisata, Upaya DPRD Jabar Dorong Kemajuan Desa Wisata

“Kami optimistis bisa meraih juara dari berbagai kategori dan kelas (rintisan, berkembang, dan maju). Anugerah Desa Wisata ini juga sebagai ajang untuk mempromosikan desanya dan memperkuat jejaring desa wisata baik di Jawa Barat dan di tingkat Nasional. Desa yang ikut ADWI juga ada yang berbasis budaya,” kata Dedi.

“Kami dari dinas akan membantu membantu persiapannya. Dari beberapa kategori, kita lakukan bimtek teknis para peserta dengan menggandeng akademisi,” katanya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved