Breaking News:

Berkas Perkara Satu Tersangka Bansos Bandung Barat Lengkap, Lain Lagi dengan Status Berkas Aa Umbara

KPK menyatakan berkas perkara seorang tersangka kasus korupsi pengadaan barang pada Dinsos KBB tahun 2020 yakni Mohamad Totoh Gunawan sudah lengkap

Penulis: Hilman Kamaludin | Editor: Darajat Arianto
Tribunnews.com/ Ilham Rian Pratama
Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menahan Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna, Jumat (9/4/2021). Aa Umbara diborgol. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG BARAT - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyatakan berkas perkara seorang tersangka kasus korupsi pengadaan barang tanggap darurat bencana Covid-19 pada Dinas Sosial Kabupaten Bandung Barat (KBB) tahun 2020 yakni Mohamad Totoh Gunawan sudah lengkap.

Totoh merupakan pemilik PT Jagat Dir Gantara (PT JDG) dan CV Sentral Sayuran Garden City Lembang (SSGCL) yang diduga melakukan pemufakatan jahat bersama Bupati Bandung Barat non aktif Aa Umbara dalam pengadaan sembako Bansos Covid-19 di Bandung Barat.

"Hari ini dilaksanakan Tahap II (Penyerahan Tersangka dan barang bukti) dengan Tersangka MTG dari Tim Penyidik dan kepada Tim Jaksa Penuntut Umum (JPU), karena berkas perkara dimaksud telah dinyatakan lengkap," ujar Pelaksana tugas (Plt) Juru Bicara KPK, Ali Fikri melalui keterangan tertulisnya, Kamis (29/7/2021).

Setelah berkas berkas perkara Mohamad Totoh Gunawan dinyatakan lengkap, kata Ali, KPK juga akan segera menyerahkan tersangka beserta barang bukti kepada tim JPU.

Ali mengatakan, dalam waktu 14 hari kerja, Tim JPU segera menyusun surat dakwaan dan melimpahkan berkas perkara ke Pengadilan Tipikor.

"Persidangan akan dilaksanakan di Pengadilan Tipikor Bandung," kata Ali.

Setelah dilakukan penyerahan tersangka dan berkas perkara tersebut, Totoh akan ditahan selama 20 hari ke depan oleh Tim JPU. 

"Penahanan dilanjutkan oleh Tim JPU selama 20 hari ke depan, terhitung 29 Juli 2021 sampai dengan 17 Agustus 2021 di Rutan KPK Cabang Pomdam Jaya Guntur," ucapnya.

Seperti diketahui, dalam kasus tindak pidana korupsi ini KPK telah menetapkan tersangka terhadap Bupati Bandung Barat Nonaktif, Aa Umbara Sutisna (AUS) dan dua tersangka lainnya dari pihak swasta yakni Andri Wibawa serta M Totoh Gunawan.

Dari hasil korupsi tersebut, Aa Umbara diduga telah menerima uang sekitar Rp 1 miliar. Sedangkan M Totoh diduga telah menerima keuntungan sekitar Rp 2 miliar dan Andri sekitar Rp 2,7 miliar.

"(Berkas AUS) masih dalam penyidikan," kata Ali Fikri. (*)

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved