Breaking News:

Percepat Kekebalan Kelompok, Vaksinasi Covid-19 di Masjd Salman ITB Jangkau Semua Lapisan Masyarakat

Dalam rangka membantu percepatan vaksinasi Salman ITB menggelar acara Vaksinasi Dosis Kedua COVID-19

Editor: Siti Fatimah
dok.rumah amal salman
Dalam rangka membantu percepatan vaksinasi Salman ITB menggelar acara Vaksinasi Dosis Kedua COVID-19. 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG  – Saat ini, jumlah angka kematian dan kasus positif COVID-19 varian Delta di Indonesia terus meningkat dan fasilitas kesehatan serta ketersediaan oksigen terus menipis.

Pemerintah terus melakukan langkah-langkah untuk mengurangi angka tersebut salah satunya dengan menggencarkan vaksinasi.

Dalam rangka membantu percepatan vaksinasi, Salman ITB telah sukses menggelar acara Vaksinasi Dosis Kedua COVID-19 pada 24-25 Juli 2021 di area Masjid Salman ITB.

Total 1847 orang datang ke Acara Vaksinasi Dosis Kedua Salman ITB. Target Salman ITB yang menyasar seluruh elemen masyarakat, termasuk kaum milenial.

Baca juga: Stok Vaksin Covid-19 di Bandung Hanya Tersisa untuk Satu Pekan? Ini Penjelasan Dinkes

Masjid Salman ITB, sebagai salah satu masjid terbesar di Kota Bandung menjadi masjid pertama yang mengadakan acara vaksinasi massal. Mulai dari lansia hingga usia produktif, seluruh masyarakat kota Bandung berkesempatan memenuhi haknya untuk divaksinasi.

Ketua YPM Salman ITB, Prof. Dr. Ir. mengatakan rasatTerima kasih kepada para petugas, panitia, dan sponsor.

"Ini kerja sama yang sangat bagus. Ada Wakaf Salman ITB, Rumah Amal Salman, Dinas Kesehatan Kota Bandung, dan Hipmi Jawa Barat, lalu disponsori oleh Telkom Indonesia, serta Jabar Quick Response,  dan Dekade 90 ITB, D/Joom. Selain itu didukung IA ITB khususnya Jawa Barat, Moka, Dewan Masjid Indonesia, Forum Bandung Sehat, serta Antrique. Kita bersama mensukseskan program vaksinasi, supaya masyarakat bisa terhindar dari bahaya akibat wabah dan negeri ini segera keluar dari pandemi. Mari kita Saling Jaga.
Semoga semua kebaikan dibalas oleh Allah SWT," katanya dalam keterangan resmi yang diterima Tribun.

Ia mengatakan, masjid juga punya peranan penting dalam membangun peradaban kedepannya dan kali ini tantangannya adalah bidang kesehatan.

Tanpa peduli latar belakang dan agama seseorang, semuanya bisa ikut berperan untuk segera mengakhiri pandemi. Begitu juga melalui acara ini. Sepanjang acara Vaksinasi Salman ITB, protokol kesehatan diberlakukan dengan ketat.

Baca juga: Banyak Warga Karawang Antusias Disuntik Vaksin Covid-19, Vaksinator Kelelahan, Bidan Desa Dilibatkan

Pendaftaran terpadu dilakukan secara daring dan semuanya tertangani dengan baik oleh tenaga kesehatan yang bertugas.

Para tenaga kesehatan berasal dari FK UNPAD dan Poltekkes, serta instansi kesehatan lainnya baik dari swasta maupun pemerintah sebagai relawan medis.

Total lebih dari 30 nakes yang terdiri atas dokter, perawat dan bidan dikerahkan untuk melancarkan jalannya kegiatan vaksinasi massal ini. Pihak Masjid Salman selaku penyelenggara juga bekerjasama dengan kepolisian dan SATGAS COVID kota Bandung untuk memastikan bahwa kegiatan vaksinasi ini berjalan secara lancar tanpa ada kerumunan besar.

Sejak pelaksanaan vaksinasi pertama, tujuan dari acara Vaksinasi dosis kedua Covid-19 ini adalah untuk mencapai herd immunity atau kekebalan kelompok.

Kegiatan vaksinasi massal ini diperuntukkan bagi masyarakat, khususnya semua petugas rumah ibadah yang kemudian mendaftar dan teregistrasi untuk dilakukan langkah demi langkah vaksinasi. Vaksinasi petugas rumah ibadah penting karena mereka menjadi pengelola dari tempat yang rentan menjadi titik penyebaran virus.

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved