Breaking News:

Kata Anggota Komisi I DPR RI, WNA di Indonesia Bisa Vaksin Gratis, WNI di Luar Negeri Juga Sama

Anggota Komisi 1 DPR RI Muhammad Farhan menerangkan bahwa seluruh warga negera asing (WNA) di Indonesia berhak mendapatkan vaksin Covid-19

Penulis: Cikwan Suwandi | Editor: Mega Nugraha
Tribun Jabar / Cikwan Suwandi
Anggota Komisi 1 DPR RI Muhammad Farhan saat diwawancara di sela vaksinasi Covid-19 di Karawang, Minggu (25/7/2021) 

Laporan Kontributor Tribunjabar.id, Karawang, Cikwan Suwandi

TRIBUNJABAR.ID,KARAWANG- Anggota Komisi 1 DPR RI Muhammad Farhan menerangkan bahwa seluruh warga negera asing (WNA) di Indonesia berhak mendapatkan vaksin Covid-19 secara gratis. Begitu pun seluruh warga negara Indonesia (WNI) di luar negeri berhak mendapatkan vaksin gratis.

Farhan menjelaskan, kebijakan luar negeri kaitan vaksinasi Covid-19 untuk WNA dengan melakukan kebijakan resiprosikal.

"Jadi kita akan memberikan WNA vaksin gratis. Begitu pun bagi WNI di luar negeri harus diberikan vaksin oleh negara mereka tinggal," kata Muhammad Farhan kepada Tribun Jabar di sela acara vaksinasi massal yang digelar DPW NasDem Jabar di Karawang, Minggu (25/7/2021).

Baca juga: Tempat Foto Kopi Unik di Bandung yang Anti Korupsi, Tidak Sediakan Bon Kosong hingga Kwitansi Fiktif

Ia mencontohkan Turki yang telah memberikan vaksinasi gratis kepada WNI yang saat ini berada di Turki.

"Minimal korp dari diplomatik kita yang berada di sana sudah mendapatkan vaksin Covid-19 gratis. Maka yang dari Turki juga akan mendapatkan vaksin Covid-19 gratis," kata Farhan.

Untuk itu, ia meminta perusahaan atau pabrik-pabrik untuk mengajukan vaksin bagi WNA kepada Dinas Kesehatan bekerjasama dengan Kantor Imigrasi setempat.

"Kitasnya jelas juga, kalau pun misalnya tidak ada Kitas maka pidana dan dipenjara. Di penjara juga mereka akan mendapatkan vaksin gratis. Ini bukan soal aturan tetapi soal kemanusian. Karena bukan berarti WNA ini bebas dari Covid-19, mereka juga bisa tertular dan bahkan menularkan," katanya.

1000 Orang di Kawarang Disuntik Vaksin Covid-19

Ketua DPD Partai NasDem Karawang Dian Fahrud Jaman mengungkapkan, vaksinasi di Karawang oleh Partai NasDem tersebut menargetkan seribu warga Karawang.

Vaksinasi yang digelar di Kecamatan Cikampek tersebut dari tanggal 25-27 Juli 2021. Dengan setiap harinya antara 300 hingga 400 warga yang disuntik vaksin.

Dian mengakui, saat ini antusias warga untuk mengikuti vaksin Covid-19 sangatlah tinggi. Bahkan ketika Partai NasDem Karawang membuka pendaftaran secara online sudah ada sebanyak 500 warga mendaftar.

"Jadi kita bukan ada yang online dan offline. Bahkan saat dibuka di online, ada 500 warga yang mendaftar di hari pertama pembukaan pendaftaran. Ini mendatakan antusias warga mengikuti vaksin sangat tinggi," katanya.

Baca juga: Covid-19 Varian Delta Ditemukan di Garut, Dinkes Minta Masyarakat Pakai Masker Dua Lapis

Dian berharap, dengan dibantunya semua elemen masyarakat dalam mengajak vaksinasi Covid-19. Ia harapkan semakin tercepatnya kekebalan kelompok di warga.

Ia menambahkan, dengan tingginya antusias warga untuk disuntik vaksin Covid-19, artinya, warga sudah mempercayai bahwa vaksin Covid-19 jadi cara untuk mengakhiri pandemi. Apalagi, banyak pasien Covid-19 yang sembuh lebih cepat seusai divaksin. Seperti contohnya Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana.

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved