Breaking News:

Karena Menerapkan Kegiatan Ini, Kelurahan Majalengka Wetan Turun Status Jadi Zona Kuning Covid-19

Kelurahan Majalengka Wetan di Kabupaten Majalengka yang semula risiko penularan Covid-19 pada zona merah, kini sudah berubah menjadi zona kuning.

Penulis: Eki Yulianto | Editor: Darajat Arianto
TRIBUNJABAR.ID/EKI YULIANTO
Penyemprotan disinfektan di rumah-rumah warga di Kelurahan Majalengka Wetan, Kabupaten Majalengka, Kamis (22/7/2021). 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Eki Yulianto

TRIBUNJABAR.ID, MAJALENGKA - Berdasarkan kondisi epidemiologi, Kelurahan Majalengka Wetan di Kabupaten Majalengka yang semula risiko penularan Covid-19 pada zona merah, kini sudah berubah menjadi zona kuning.

Hal itu setelah ketiga RT yang berada di kawasan tersebut, juga kini berstatus zona kuning atau memiliki risiko penularan rendah.

"Alhamdulilah, sekarang Kelurahan Majalengka Wetan sudah kuning. Memang beberapa waktu lalu, ada 3 RT di daerah kami zona merah karena ada beberapa yang terpapar. Tapi mereka sekarang sudah sembuh," ujar Lurah Majalengka Wetan, Roswaty kepada Tribuncirebon.com, Kamis (22/7/2021).

Menurut Roswaty, penurunan risiko penularan di daerahnya tersebut menunjukkan tanda bahwa pengendalian kasus berjalan cukup baik.

Salah satunya dengan Pelaksanaan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala mikro yang sudah berjalan sekitar sebulan terakhir.

Selain itu, pelaksanaan 3T yaitu tracing, testing, dan treatment juga terus dilakukan secara intensif oleh pihaknya dibantu puskesmas di wilayah menjadi upaya lain.

“Saat ini, jika ditemukan kasus positif di masyarakat, maka kami akan mencari kontak erat. Nanti semuanya menjalani rapid test antigen,” ucapnya.

Penyemprotan disinfektan di rumah warga di Kelurahan Majalengka Wetan di Kabupaten Majalengka, Kamis (22/7/2021).
Penyemprotan disinfektan di rumah warga di Kelurahan Majalengka Wetan di Kabupaten Majalengka, Kamis (22/7/2021). (TRIBUNCIREBON.COM/EKI YULIANTO)

Jika hasil tes cepat antigen menunjukkan positif Covid-19, maka akan ditindaklanjuti dengan tes usap PCR untuk memberikan konfirmasi hasil yang lebih pasti.

“Kontak erat yang menunjukkan hasil tes cepat antigen negatif pun diminta tetap untuk menjalani isolasi mandiri lima hari,” jelas dia.

Seperti yang dilakukan pada Kamis (22/7/2021) ini bahwa ada dua orang yang telah dinyatakan terpapar Covid-19 hasil test antigen.

Petugas dari kelurahan langsung melakukan penyemprotan disinfektan di rumah yang bersangkutan untuk mencegah mata rantai penyebaran Covid-19.

Sementara, menurut data dari Dinas Kesehatan Majalengka, Kelurahan Majalengka Wetan memiliki 46 RT dan 14 RW. 

Dari jumlah itu, terdapat 40 RT yang masuk kategori zona hijau dan 6 RT zona kuning.

Saat ini, masih ada 26 warga yang masih menjalani masa isolasi mandiri. (*)

Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved