Breaking News:

Antisipasi Pasien Membludak, BPBD Jabar Dirikan Tenda Serbaguna di RS Rujukan Covid-19

Tenda serbaguna didikan agar tidak ada lagi pasien yang terbaring di lorong atau selasar Instalasi Gawat Darurat saat menunggu observasi.

Penulis: Muhamad Syarif Abdussalam | Editor: Seli Andina Miranti
Tribun Jabar/M Rizal Jalaludin
ILUSTRASI - Dua tenda darurat didirikan di IGD RSUD Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Kamis (1/7/2021). Tenda darurat untuk menampung pasien yang masuk waiting list ke IGD. 

Laporan Wartawan TribunJabar.id, Muhamad Syarif Abdussalam

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Barat mendirikan tenda-tenda serbaguna di rumah sakit rujukan Covid-19 sebagai tempat perawatan sementara supaya tidak berdesakan di IGD.

Kepala Pelaksana BPBD Jabar Dani Ramdan mengatakan, tenda serbaguna didikan agar tidak ada lagi pasien yang terbaring di lorong atau selasar Instalasi Gawat Darurat saat menunggu observasi.

"Meskipun BOR kita saat ini sudah turun, namun tenda itu tetap kita bangun mengantisipasi kejadian serupa seperti pada awal hingga pertengahan Juni kemarin," katanya lewat sambungan telepon, Selasa (20/7/2021).

Menurut Dani, pengadaan tenda serbaguna berasal dari bantuan pemerintah pusat.

"Kita dapat bantuan dari BNPB untuk penyewaan tenda. Jadi kalau sudah tidak digunakan, tendanya nanti dikembalikan. Sementara untuk pengadaan sarana penunjang lainnya seperti velbed dan toilet portable, disediakan oleh BPBD Jabar," katanya.

Saat ini baru di enam rumah sakit rujukan yang sudah dibangun tenda serbaguna, yaitu di RSUD Provinsi Jabar Al Ihsan di Kabupaten Bandung, RSUD Majalengka, RS Sumber Waras Cirebon, RS Paru Cirebon, RS Mitra Plumbon Cirebon, dan RSUD Subang.

Baca juga: Cerita Direktur Perumdam Terpapar Covid-19, Makanan Ini yang Bikin Selera Makan Kembali Timbul

"Rencananya ada 50 rumah sakit rujukan, baik pemerintah maupun swasta yang akan dipasang tenda serbaguna itu. Namun bertahap, dengan syarat rumah sakit yang bersangkutan harus memiliki lahan untuk pendirian tendanya," kata Dani.

Selain tenda serbaguna, BPDB juga membangun toilet portable agar pasien tidak harus jauh-jauh pergi ke toilet dalam rumah sakit.

Baca juga: Cerita Direktur Perumdam Terpapar Covid-19, Makanan Ini yang Bikin Selera Makan Kembali Timbul

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved