Breaking News:

Oksigen Langka, Petani Ikan di Plered Purwakarta Tidak Bisa Kirim Ikan ke KJA Cirata dan Jatiluhur

Petani ikan yang berada Desa Cibogogirang, Kecamatan Plered, Kabupaten Purwakarta, tak bisa mengirim ikan akibat kelangkaan oksigen.

Penulis: Dwiky Maulana Vellayati | Editor: Giri
Dok. Ade Sanim
Petani ikan di Kecamatan Plered, Kabupaten Purwakarta, tak bisa mengirim ikan karena tak ada stok oksigen. 

Laporan Kontributor TribunJabar.id Purwakarta, Dwiky Maulana Vellayati

TRIBUNJABAR.ID, PURWAKARTA - Petani ikan yang berada Desa Cibogogirang, Kecamatan Plered, Kabupaten Purwakarta, tak bisa mengirim ikan akibat kelangkaan oksigen yang terjadi akhir-akhir ini karena meningkatnya kasus Covid-19.

Pasalnya, untuk petani ikan, oksigen juga diperlukan untuk dimasukkan ke dalam kantong plastik besar yang berisi ikan saat dikirim ke keramba jaring apung (KJA) Cirata dan Jatiluhur.

Menurut seorang petani ikan yang berada di Kecamatan Plered, Ade Sanim (35), untuk sementara waktu tidak melakukan pengiriman ikan ke KJA Cirata dan Jatiluhur karena tidak adanya stok oksigen.

"Para pekerja juga terpaksa saya diliburkan sementara," kata Ade saat dihubungi TribunJabar.id, Selasa (6/7/2021).

Kata Ade, dia membutuhkan oksigen setiap hari untuk keperluan pengiriman ikan kepada para petani di KJA.

Biasanya, dia melakukan isi ulang tabung oksigen setiap hari untuk ukuran enam kubik. Oksigen sebanyak itu cukup untuk 200 sampai 250 kantong ikan.

"Kalau isi ulang tidak menentu, tergantung pemakaian. Kebutuhan oksigen mau kirim benih atau ikan usia panen keperluan oksigen tetap sama, hanya saja ikan yang dikurangi. Semakin jauh pengiriman, semakin sedikit ikan yang dimasukkan ke dalam kantong plastik," ujarnya.

Ade tidak mengetahui betul penyebab oksigen langka.

"Ketika saya menghubungi pemasok, jawabannya masih belum ada," ucapnya.

"Kalau ditanya ada kerugian, jelas ada karena beberapa hari ini tidak kirim ikan. Ada yang pesan minta dikirim ikan juga terpaksa tidak saya penuhi karena oksigennya tidak ada," kata Ade. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved