Breaking News:

Begini Cara Mengunduh Sertifikat Vaksinasi Format Baru, Ditampilkan Jenis Vaksin dan Nomor Batch

Anda yang sering bepergian jarak jauh menggunakan moda transportasi pesawat, kereta api, dan bus, harus memiliki sertifikat vaksinasi Covid.

Editor: Giri
pedulilindungi.id via kompas.com
Sertifikat vaksinasi Covid-19 format baru yang menampilkan merek vaksin yang disuntikkan. 

TRIBUNJABAR.ID - Saat ini, bagi Anda yang sering bepergian jarak jauh menggunakan moda transportasi pesawat, kereta api, dan bus, sertifikat vaksinasi Covid-19 menjadi barang yang harus dimiliki.

Sertifikat menjadi syarat bisa bepergian selain selain hasil tes RT-PCR dan hasil tes swab antigen.

Penetapan sertifikat vaksinasi Covid-19 sebagai syarat perjalanan jarak jauh bersamaan dengan penerapan PPKM darurat pada 3-20 Juli 2021.

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan, Siti Nadia Tarmizi, mengatakan, syarat ketat wajib vaksinasi Covid-19 merupakan upaya menekan mobilitas orang.

Dia menyebutkan, dengan adanya persyaratan ketat ini, orang dengan urusan tak terlalu mendesak akan tetap tinggal di tempat dan tidak melakukan mobilitas.

"Prinsip PPKM darurat mengurangi mobilitas, jadi sebenarnya yang tidak perlu (bergerak) tidak melakukan perjalanan," kata Nadia seperti diberitakan Kompas.com, Sabtu (3/7/2021).

Mereka yang sudah menerima vaksin Covid-19 dapat mengakses sertifikat bukti vaksinasi melalui SMS yang dikirim oleh 1199.

SMS akan masuk ke nomor ponsel yang didaftarkan saat melakukan vaksinasi, dan berisi link untuk mengunduh sertifikat vaksinasi Covid-19.

Jika baru mengikuti vaksinasi pertama, akan ditampilkan pula informasi terkait jadwal dan lokasi vaksinasi kedua.

Selain melalui SMS, sertifikat vaksinasi Covid-19 juga bisa diakses melalui website pedulilindung.id atau aplikasi PeduliLindungi yang bisa diunduh di ponsel.

Halaman
12
Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved