Tips Dokter Untuk Orangtua Punya Anak Usia di Bawah 2 Tahun, Terhindar dari Kasus Covid-19 pada Anak

Dokter spesialis anak, dr Diatrie Anindyajayathi M.Sc SpA mengatakan, ada beberapa hal harus diperhatikan orangtua agar anaknya terhindar Covid-19

Editor: Mega Nugraha
freepik
Ilustrasi virus corona 

TRIBUNJABAR.ID,BANDUNG- Melonjaknya kasus virus korona diwarnai dengan bertambahnya kasus Covid-19 pad anak. Dokter spesialis anak, dr Diatrie Anindyajayathi M.Sc SpA mengatakan, ada beberapa hal harus diperhatikan orangtua agar anaknya terhindar dari Covid-19.

Selain menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker, menghindai krumuman dan wajib cuci tangan, ada hal penting lainnya.

Baca juga: Simak Daftar 6 Bantuan Pemerintah Untuk Warga Terdampak Selama PPKM Darurat

Menurut dr Diatrie Anindyajayathi, anak usia di bawah 2 tahun tidak diperkenankan pakai masker karena bakal mengganggu saluran pernafasan yang sempit.

Apalagi, kata dia, ada komponen pada masker yang bisa terhirup dan dapat membuat anak tersedak. Selain itu, anak usia di bawah 2 tahun juga belum bisa mengeluhkan rasa tidak nyaman.

"Selain itu, anak-anak bawah usia 2 tahun juga gak nyaman dengan masker. Suka dipasang lepas. Dan, pada saat itu malah nyentuh wajah sendiri. Hal ini malah jadi transmisi bagus untuk Covid-19," ungkapnya pada siaran Radio Elshinta, Jumat (2/7/2021).

Dengan begitu, kata dia, ia menyarankan agar anak usia di bawah 2 tahun tidak keluar rumah jika tidak ada alasan darurat. 

Selain itu, kalaupun harus keluar rumah, pastikan tidak dibawa ke kerumunan dan tempatkan anak usia di bawah 2 tahun di tempat aman dari udara luar. 

Kematian Anak Didominasi Balita

Juru Bicara Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito meminta pemerintah daerah untuk menekan angka kematian pada anak. Kata dia, di lima proviinsi di Pulau Jawa, angka kematian anak didominasi usia balita.

"Hampir di kelima provinsi ini kematian pada kelompok anak didominasi oleh balita, yaitu sekitar 30-50 persen dari total kematian anak," kata Wiku Adisasmito melalui keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Kamis (1/7/2021).

Baca juga: Warga Jabar Wajib Tahu, Pintu Masuk Keluar DKI Jakarta Ditutup Selama PPKM Darurat

Menurutnya, fokus mengurangi angka kematian Covid-19 bisa dengan mengelompokan kelompok usia rentan. Anak dapat menjadi kelompok rentan apabila luput dari pengawasan.

Namun, di lima provinsi di Pulau Jawa, persentase kematian paling tinggi terjadi pada kelompok usia lansia karena disertai penyakit penyerta serta imunitas yang semakin menurun seiring bertambahnya usia.

"Sekitar 5-19 persen lansia yang terkena Covid, meninggal dunia," ujar Wiku

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Bagaimana Orangtua Menjaga Anak dari Covid-19? Berikut Tips dari Dokter,

Sumber: Tribunnews
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved