Breaking News:

Strawberry Supermoon Bisa Disaksikan Malam Ini, Tidak Perlu Bantuan Alat Optik

Masyarakat bisa menyaksikan fenomena astronomi strawberry supermoon pada Kamis (24/6/2021) malam ini.

Editor: Giri
ireland-calling.com
Ilustrasi bulan purnama - 

TRIBUNJABAR.ID - Masyarakat bisa menyaksikan fenomena astronomi strawberry supermoon pada Kamis (24/6/2021) malam ini.

Peneliti Pusat Sains dan Antariksa Lembaga Antariksa dan Penerbangan Nasional (Lapan) Andi Pangerang mengatakan, fenomena strawberry supermoon adalah bulan purnama super yang terjadi di bulan Juni.

Sementara, bulan purnama super (supermoon) adalah ketika purnama beriringan dengan perige (titik terdekat bulan dengan bumi).

Fenomena strawberry supermoon dimulai sekitar pukul 17.30 WIB.

"Betul, strawberry supermoon tepatnya dapat disaksikan mulai nanti, sekitar 30 menit sebelum terbenam matahari," ujar Andi saat dihubungi Kompas.com, Kamis (24/6/2021).

Lapan tidak mengadakan siaran langsung untuk melihat fenomena ini.

Adapun kondisi bulan purnama benar-benar merah terjadi ketika bulan berada di dekat ufuk rendah, baik ketika terbit bulan (sebelum maghrib) dan terbenam bulan (setelah terbit matahari).

Andi mengatakan, masyarakat bisa melihat strawberry supermoon di situs live streaming virtual telescope atau di channel YouTube Planetarium Jakarta.

"Masyarakat masih bisa menyaksikan live streaming di virtualtelescope.eu maupun untuk lokalnya bisa lihat di channel YouTube Planetarium Jakarta," lanjut dia.

Sementara, situs lain untuk mengetahui kapan strawberry supermoon dapat disaksikan yakni di laman www.timeanddate.com/moon.

Halaman
123
Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved