Breaking News:

Masjid Unik di Ciamis Ini Akan Direnovasi, DKM Berharap Bantuan Ridwan Kamil soal Desainnya

DKM Masjid Nurul Yaqin di Dusun Sukaharja RT 01 RW 01 Desa Petir Hilir, Baregbeg, Ciamis, berencana akan merenovasi masjid peninggalan Witono.

Penulis: Andri M Dani | Editor: Giri
Tribun Jabar / Andri M Dani
Masjid Witono persembahan dari Pasukan Siliwangi. Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Masjid Nurul Yaqin di Dusun Sukaharja RT 01 RW 01 Desa Petir Hilir, Baregbeg, Ciamis, berencana akan merenovasi masjid peninggalan mendiang Mayjen AJ Witono S. 

TRIBUNJABAR.ID, CIAMIS – Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Masjid Nurul Yaqin di Dusun Sukaharja RT 01 RW 01 Desa Petir Hilir, Baregbeg, Ciamis, berencana akan merenovasi masjid peninggalan mendiang Mayjen AJ Witono S itu.

Masjid itu dibangun dan diresmikan 1971.

“Tetapi sebelum merevonasi, kami akan minta izin Kodam III/Siliwangi  dan minta restu dari keluarga besar Pak Jenderal Witono,” ujar Ketua DKM Masjid Nurul Yaqin Petir Hilir, Hendra Ebo, kepada Tribun, Rabu (23/6/2021).

Meski bangunannnya sederhana, ternyata masjid yang berada di sisi jalan raya Ciamis-Kawali Km 5 tersebut punya latar belakang sejarah yang kental dengan perjuangan kemerdekaan dan tentara Siliwangi.

Dibangun tahun 1971 atas prakarsa Pangdam Siliwangi Mayjen A.J Witono S, diresmikan pada 5 Oktober 1971 bertepatan dengan HUT ABRI.

Sesuai prasasti yang terpasang di dinding masjid, dibangunnya Masjid Nurul Yaqin tersebut merupakan persembahan Mayjen AJ Witono S sebagai balas budi kepada masyarakat atas jasa bantuannya pada waktu perang kemerdekaan.

Kata-kata yang tercantum di prasasti tersebut masih berupa ejaan lama.

Petir Hilir termasuk daerah basis  perjuangan tentara Siliwangi  selama perang kemerdekaan dan mendapat dukungan dari masyarakat setempat.

Meski nama aslinya Masjid Nurul Yaqin namun warga setempat dan sebagian masyarakat Ciamis  lebih mengenalnya dengan nama Masjid Witono.

Sewaktu menjabat sebagai Pangdam Siliwangi maupun setelah menjadi Dubes di Jepang, menurut Hendra Ebo, jenderal yang bernama lengkap Antonius Josef Witono Sarsanto  tersebut sering berkunjung ke Petir Hilir.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved