Breaking News:

Kadinkes: Varian Baru Covid-19 Belum Ditemukan di Kota Bandung, Tapi Tetap Harus Waspada

Pusat Penelitian Biologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) mengumumkan adanya temuan varian India atau Delta Covid-19 dari sampel di Karawang.

Penulis: Cipta Permana | Editor: Hermawan Aksan
Tribun Jabar/ Nazmi Abdurrahman
Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandung, Ahyani Raksanagara, hingga kini belum ada pembuktian hasil penelitian Kementerian Kesehatan (Kemenkes), terkait apakah varian baru dari Covid-19 itu telah sampai di Kota Bandung. 

Laporan wartawan TribunJabar.id, Cipta Permana

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Pusat Penelitian Biologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) mengumumkan adanya temuan varian India atau varian Delta Covid-19 dari sampel di Karawang.

Temuan itu diperoleh berdasarkan hasil whole genom sequencing (WGS) yang dilakukan oleh tim peneliti Covid-19 di LIPI.

Informasi tersebut, tertuang dalam surat edaran Kepala Pusat Penelitian Biologi LIPI Nomor B-3103/III/KP.06.01/6/2021, dan ditandatangani oleh Dr. Atit Kanti, S.Si., M.Sc tertanggal 18 Juni 2021.

Baca juga: Ini Daftar Gejalan Covid-19 Varian Delta, Disebut Berbeda dengan Gejala Virus Corona Selama Ini

Menyikapi hal itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung, Ahyani Raksanagara, mengatakan, hingga kini belum ada pembuktian hasil penelitian Kementerian Kesehatan (Kemenkes), terkait apakah varian baru dari Covid-19 itu telah sampai di Kota Bandung.

Namun, kata Ahyani, informasi tersebut menjadi semacam peringatan bagi semua pihak dan masyarakat Kota Bandung untuk terus meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi penyebaran Covid-19.

"Untuk pembuktian apakah ada sebaran atau penularan dari varian baru Covid-19 di Kota Bandung, sejak beberapa waktu lalu, kami pun sudah mengirimkan sekitar 15 sampel hasil pemeriksaan pasien positif Covid-19 ke Kemenkes," ujar Ahyani saat dihubungi melalui telepon, Minggu (20/6/2021).

"Kalau dalam hasil penelitian Kemenkes ada dugaan atau ditemukan varian baru, tentunya ada feedback ke kami, tapi sampai saat ini, tidak ada informasi feedback apa pun terkait adanya hal itu (varian baru), Kota Bandung mah jangan sampai lah."

Ahyani menuturkan, berdasarkan informasi yang diperolehnya, sejauh ini varian baru Covid-19 telah terdeteksi di Jabar berada di wilayah Karawang dan satu daerah lainnya, yang penularannya diketahui berasal dari pekerja migran.

"Intinya, mau varian atau tipe apa pun (Covid-19), kita harus berupaya untuk mencegah semaksimal mungkin agar jangan sampai ada penularan lagi yang terjadi di Kota Bandung."

Halaman
123
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved