Breaking News:

Berikut Daftar Prodi Unpad yang Banyak Peminatnya dan Terketat di SBMPTN 2021

Berdasarkan data Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) ada beberapa program studi yang memiliki jumlah peminat terbanyak di Unpad

Editor: Siti Fatimah
Tribun Jabar/Ery Candra
Suasana di Kampus Unpad Jatinangor, Sumedang - Berdasarkan data Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) ada beberapa program studi yang memiliki jumlah peminat terbanyak di Unpad. 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Pengumuman Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) sudah dibuka pada Senin (14/6) pukul 15.00 WIB. Sebanyak 2.382 calon mahasiswa baru dinyatakan diterima di Unpad dari total pendaftar sebesar 52.593 orang.

Dikutip dari laman resmi Unpad, berdasarkan data Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), ada beberapa program studi yang memiliki jumlah peminat terbanyak di Unpad, baik pada kelompok sains teknologi maupun sosio humaniora.

Selain itu, tercatat ada beberapa prodi yang memiliki tingkat ketetatan tertinggi.

Baca juga: Kamu Lulus SBMPTN Keterima di UPI Bandung, Ini Tahapan Selanjutnya yang Harus Dilakukan

Untuk kategori prodi dengan peminat terbanyak, Ilmu Hukum menjadi prodi dengan jumlah peminat terbanyak di Unpad, yaitu 3.408 pendaftar.

Selanjutnya, Psikologi menjadi prodi dengan peminat terbanyak kedua (3.189) dan Pendidikan Dokter di posisi ketiga (3.088).

Berdasarkan kelompok, lima prodi dengan peminat terbanyak di Saintek adalah Psikologi, Pendidikan Dokter, Teknik Informatika (2.430), Farmasi (1.981) dan Ilmu Keperawatan (1.796).

Baca juga: 5 Universitas Swasta di Bandung yang Buka Pendaftaran Setelah SBMPTN 2021, Info Jadwal dan Biayanya

Adapun lima prodi dengan peminat terbanyak di Soshum yaitu, Ilmu Hukum, Manajemen (2.804), Ilmu Komunikasi (2.652), Hubungan Internasional (1.910), serta Akuntansi (1.539).

Pada kategori prodi dengan tingkat keketatan tertinggi, Manajemen menjadi prodi dengan persentase tingkat keketatan tertinggi di Unpad, yaitu 1,28%. Prodi ini memiliki jumlah peminat sebesar 2.804 orang dengan daya tampung sebesar 28 orang.

Empat prodi terketat di Soshum adalah Ilmu Komunikasi (1,32%), Bisnis Digital (1,83%), Hubungan Internasional (2,46%), dan Kesejahteraan Sosial (2,76%).

Baca juga: 12 Ribu Kursi SBMPTN Tetap Kosong, Mau Dijual atau Dibagikan Gratis? Ini PT yang Sepi Peminat

Pada kelompok Saintek, Teknik Informatika menjadi prodi dengan tingkat keketatan tertinggi, yaitu 1,32%, disusul Psikologi (2,29%), Farmasi (2,57%), Pendidikan Dokter (3,34), dan Aktuaria (3,56%).

Berdasarkan hasil nilai rerata UTBK, Unpad berada pada posisi keenam PTN dengan nilai rerata diterima tertinggi pada kelompok Saintek, yaitu 630,19. Sementara pada kelompok Soshum, Unpad berada pada posisi kelima PTN dengan nilai rerata diterima tertinggi, yaitu 653,48.

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved