Breaking News:

Keturunan R.A.A.H Wiranatakusumah V Laporkan Dugaan Mafia Tanah Tol Cisumdawu ke Polda Jabar

Keluarga almarhum R.A.A.H Muharam Wiranatakusumah V, mantan Mendagri pertama Republik Indonesia melaporkan kasus dugaan mafia tanah ke Polda Jabar.

Keluarga almarhum R.A.A.H Muharam Wiranatakusumah V, mantan Mendagri pertama Republik Indonesia melaporkan kasus dugaan mafia tanah ke Polda Jabar. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Nazmi Abdulrahman

TRIBUNJABAR.ID,BANDUNG-Keluarga almarhum R.A.A.H Wiranatakusumah V, mantan Mendagri pertama Republik Indonesia melaporkan kasus dugaan mafia tanah di Tol Cisumdawu ke Polda Jabar.

Laporan itu tertuang dalam surat nomor LP B/198/II/2021/JABAR.

Roedy Wiranatakusumah selaku juru bicara dan kuasa hukum Yayasan R.A.A.H Wiranatakusumah V mengatakan, keluarga besarnya memiliki tanah seluas 800 hektare di Kabupaten Sumedang.

Namun, 64 hektare diantaranya, terdampak pembebasan lahan untuk pembangunan Tol Cisumdawu. Namun, bukan keluarga resmi mereka yang mendapat ganti rugi tersebut melainkan pihak lain yang mengaku-ngaku sebagai ahli waris R.A.A.H Wiranatakusumah V  sehingga mendapat ganti rugi dari pemerintah.

"Ada pihak yang kami laporkan ke Polda Jabar karena memalsukan silsilah keluarga besar R.A.A.H Wiranatakusumah V. Dengan perbuatan itu, jadi entry poin untuk mengajukan penggantian ke pemerintah," ucap Roedy Wiranatakusumah di Jalan Kalimantan, Selasa (8/6/2021).

Menurutnya, 64 hektare tanah yang dicaplok oleh mafia tanah itu berada di Kecamatan Jatinangor Kabupaten Sumedang.

"Semuanya ada di enam desa di Kecamatan Jatinangor. Salah satunya Desa Cibeusi, Desa Sayang, Desa Cilayung," ucap dia.

Laporan soal dugaan mafia tanah ke Polda Jabar itu dilayangkan pada 18 Februari 2021. Keluarga berharap kasus ini bisa diungkap.

Salah satu keturunan R.A.A.H Wiranatakusumah lainnya Robby Maulana Wiranatakusumah menyatakan oknum mafia tanah ini bahkan berani membuat silsilah sendiri.

Halaman
12
Penulis: Nazmi Abdurrahman
Editor: Mega Nugraha
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved