Breaking News:

Pemandian Air Panas di Kuningan Ini Dipercaya Bisa Sembuhkan Lumpuh, Kuncen Sebut Dua Syarat

Ada pemandian air panas di Desa Subang, Kuningan, ini, dipercaya bisa sembuhkan berbagai macam penyakit, termasuk lumpuh.

Penulis: Ahmad Ripai | Editor: taufik ismail
Objek wisata perairan air panas di Desa Subang, Kabupaten Kuningan. 

Laporan Kontributor Kuningan, Ahmad Ripai

TRIBUNCIREBON.COM, KUNINGAN - Air panas alami yang berada di lokasi wisata pemandian di Desa Subang, Kuningan, Jawa Barat, dipercaya memiliki kandungan air yang bermanfaat untuk penyembuhan berbagai penyakit.

Hal itu dikatakan juru kunci alias kuncen pemandian air panas tersebut, Wahyu saat ditemui di lokasi wisata air panas di Desa Subang, Minggu (6/6/2021).

Wahyu mengatakan, kandungan air panas di Desa Subang bermanfaat sebagai media penyembuh berbagai penyakit.

Ini bisa dibuktikan dengan banyaknya pengunjung yang datang dari luar Kabupaten Kuningan, bahkan luar Pulau Jawa.

"Pengunjung banyak datang ke sini, memang kebanyakan mereka melakukan ritual penyembuhan dengan media air panas alami ini. Khasiat air panas ini sudah terkenal di kalangan pengunjung yang datang dari Lampung, Bali, dan Madura," katanya.

Sebagai media penyembuhan berbagai penyakit, kata Wahyu, bahwa tindakan ini jelas melalui kesepakatan dari pengunjung dan kuncen setempat.

"Ada aturan saat melakukan ritual pengobatan pada penyakit yang diderita pengunjung. Pesan saya cuma minta pengunjung harus jaga ucapan dan mengisi perut saat melakukan ritual pengobatan. Terus untuk saya pribadi, tetap berusaha melakukan pengharapan melalui doa dan tawasulan terhadap mbah buyut terdahulu," ucapnya.

Maksud jaga mulut dan utamakan isi perut, kata Wahyu bahwa saat melakukan perendaman di air panas ini supaya pengunjung tidak pusing dan tidak dikunjungi hal gaib di luar nalar.

"Ya intinya jaga mulut, jangan ngomong sembarang dan intinya perut berisi itu supaya tidak pingsan atau lemah saat merendam tadi. Terus utamanya jangan bengong saat melakukan ritual rendam air panas," katanya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved