Breaking News:

Oknum Brimob Mencabuli Anak di Bawah Umur, Dapat Vonis 5 Tahun Penjara

Kasus pencabulan yang dilakukan oknum anggota Brimob terhadap anak di bawah umur itu terjadi saat orang tua korban sedang tak berada di rumah.

Editor: Tarsisius Sutomonaio
shutterstock
Ilustrasi- kasus pencabulan anak di bawah umur yang dilakukan oknum anggota Brimob. 

TRIBUNJABAR.ID, AMBON- Seorang oknum anggota Brimob berinisial mencabuli seorang bocah perempuan.

Kasus pencabulan yang dilakukan oknum anggota Brimob terhadap anak di bawah umur itu terjadi saat orang tua korban sedang tak berada di rumah.

Akibat perbuatannya itu, oknum Brimob di Maluku itu divonis lima tahun penjara oleh majelis hakim pengadilan Negeri Ambon, Kamis (3/6/2021).

Terdakwa merupakan penyewa kamar di indekos yang sama dengan korban dan orang tua korban.

Selain dihukum lima tahun penjara, oknum Brimob itu juga diminta untuk membayar denda Rp 500 juta subsider dua bulan penjara.

"Terdakwa terbukti bersalah. Untuk itu, kepada yang bersangkutan dihukum selama lima tahun penjara dan denda Rp 500 juta subsider dua bulan kurungan," ucap ketua majelis hakim, Lucky Rombot Kalalo, saat membacakan putusan.

Baca juga: SOSOK AT Anak Anggota DPRD Kota Bekasi Pelaku Pencabulan dan Penjualan Siswi SMP, Pernah Berkeluarga

Majelis hakim menyatakan, terdakwa secara sah dan meyakinkan terbukti bersalah melanggar Pasal 82 Ayat (2) UU Nomor 17 Tahun 2016 tentang penetapan Perpu Nomor 1 Tahun 2016 tentang perubahan kedua atas UU Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak menjadi UU.

Dalam pertimbangan hakim, disebutkan perbuatan terdakwa telah mengakibatkan trauma dan rasa malu terhadap korban dan keluarganya. 

Putusan majelis hakim juga masih lebih ringan dari tuntutan jaksa penuntut umum Kejaksaan Negeri Ambon, Junet Pattiasina, yang meminta hakim agar menghukum terdakwa tujuh tahun penjara dan denda Rp 500 juta subsider dua bulan kurungan.

Atas putusan majelis hakim itu, oknum Brimob itu melalui penasihat hukumnya Robert Lesnussa menyatakan masih pikir-pikir.  

Baca juga: Anak Anggota DPRD Bekasi Jual Bocah Jadi PSK, Jadi Tersangka Pencabulan dan Kekerasan, Kini Jadi DPO

Halaman
12
Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved