Breaking News:

Ibadah Haji 2021 Ditunda

Pemberangkatan Haji 2021 Dibatalkan, KBIH Kuningan Harus Kerja Ekstra Lakukan Sosialisasi

Pembatalan pemberangkatan ibadah haji 2021 membuat manajemen yang tergabung dalam kelompok bimbingan ibadah haji bekerja ekstra melakukan sosialisasi.

Penulis: Ahmad Ripai | Editor: Hermawan Aksan
AFP
Ibadah haji di tengah pandemi tahun 2020 hanya diikuti 1.000 orang. 

Laporan Kontributor Kuningan, Ahmad Ripai

TRIBUNJABAR.ID, KUNINGAN - Pembatalan pemberangkatan ibadah haji 2021 membuat manajemen yang tergabung dalam kelompok bimbingan ibadah haji (KBIH) bekerja ekstra dalam melakukan sosialisasi dan pemberitahuan kepada jemaah calon haji.

Pasalnya, kegagalan pelaksanaan ibadah haji ini merupakan kejadian kedua selama tahun 2020 dan 2021.

Hal itu dikatakan H Heri, pengurus KBIH Manbaul Ulum di Desa Silebu, Kecamatan Pancalang, Kuningan, Jawa Barat, Kamis (3/6/2021).

Baca juga: Pejabat Pemkab Kuningan yang Jadi Calon Haji, Pasrah Ibadah Haji 2021 Ditunda

Dia mengatakan, pemberitahuan tentang pembatalan sekarang dilakukan ulang kepada para calhaj.

"Tadi kami sudah beritahukan kepada calhaj di KBIH kami bahwa ada pembatalan pemberangkatan lagi," ujarnya.

Seperti tahun sebelumnya, kata Heri, soal ini akan dikoordinasikan dengan Kementerian Agama dan para calhaj, terutama mengenai biaya dalam tahapan melaksanakan ibadah haji.

"Tahapan Ibadah haji melalui KBIH itu jelas dan legal, seperti melakukan manasik haji, baik secara teori maupun praktik. Ini dilakukan selama 15 kali dan tentu menggunakan biaya berdasarkan peraturan dan ketentuan baik secara administrasi Kemenag maupun dari tiap KBIH itu sendiri," katanya.

Suatu kasus kemarin, kata dia, sebenarnya tahun 2020 itu sudah dilakukan manasik haji sesuai ketentuan praktiknya itu selama 15 hari.

"Nah, pada tahun sekarang juga dilakukan sama seperti tahun kemarin. Ya, kan mungkin saja ada yang lupa dalam tahapan ibadah haji baik melalui syarat dan rukun haji. Jadi kami ulas ulang tentang materi tahapan ibadah haji," ujarnya.

Di Kuningan terdapat 8 KBIH, yakni Manbaul Ulum, Darul Ulum, Al Zam zami, Arofah, Syiarul Islam, Athohoriyah, Ashahiriyah, dan Arhamah. (*)

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved