Breaking News:

Alat Gempa Bumi yang Dikembangkan UGM Terbukti Mampu Deteksi Gempa 3 Hari Sebelumnya

Gempa berhasil dideteksi sebelum kejadian oleh sistem peringatan dini yang dikembangkan oleh Universitas Gadjah Mada (UGM).

Editor: Giri
Sistem peringatan dini berupa alat deteksi gempa yang dikembangkan oleh Universitas Gadjah Mada (UGM). Alat ini mendeteksi gempa di Toli-Toli Tiga hari sebelum kejadian. (Foto Dokumentasi Humas UGM)(KOMPAS.COM/YUSTINUS WIJAYA KUSUMA) 

TRIBUJABAR.ID, YOGYAKARTA - Gempa berhasil dideteksi sebelum kejadian oleh sistem peringatan dini yang dikembangkan oleh Universitas Gadjah Mada (UGM).

Satu di antaranya, alat ini mendeteksi gempa Toli-Toli, yang terdeteksi pada tiga hari sebelum kejadian.

"Pengalaman selama ini kami baru dapat memprediksi tiga hari sebelum gempa dengan lokasi antara Aceh hingga NTT. Algoritma awal kami hanya mendeteksi dini  tiga hingga tujuh hari sebelum gempa khusus untuk DIY. Mengingat stasiun pemantau kami hanya ada di DIY," ujar Ketua Tim Peneliti Sistem Peringatan Dini (EWS) Gempa UGM, Sunarno, dalam keterangan tertulis Humas UGM, Rabu (2/6/2021).

Dari informasi BMKG, pada hari Sabtu (29/5/2021) pukul 08.25.14 WIB wilayah Toli-Toli diguncang gempa tektonik dengan magnitudo 5,3.

Pusat gempa berlokasi di laut pada jarak 87 kilometer arah barat Kota Toli-toli, Sulawesi Tengah, pada kedalaman 27 kilometer.

Sunarno mengatakan,alat deteksi gempa yang dikembangkan bahkan mampu mendeteksi gempa di Toli-Toli tiga hari sebelum kejadian.

Di DIY alat ini sudah mampu memprediksi tiga hingga tujuh hari sebelum kejadian gempa.

Meski berhasil memprediksi gempa, namun alat ini terus dikembangkan.

Alat yang kini dikembangkan, menurutnya, merupakan teknologi triangulasi agar dapat memprediksi posisi pusat gempa yang lebih presisi.

Selama dalam proses riset dan pengembangan, alat ini mampu memprediksi kejadian gempa dengan tepat.

Halaman
12
Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved