Breaking News:

BPJS Kesehatan Sosialisasikan Aplikasi Edabu PD Pemda Ke PIC Pemda Kabupaten Bandung

Untuk memberikan kemudahan akses kepada Pemerintah Daerah dalam mengolah data pegawainya dalam Program JKN-KIS, BPJS Kesehatan menyedia

Istimewa
BPJS Kesehatan Sosialisasikan Aplikasi Edabu PD Pemda Ke PIC Pemda Kabupaten Bandung 

TRIBUNJABAR.ID - Soreang, Jamkesnews - Untuk memberikan kemudahan akses kepada Pemerintah Daerah dalam mengolah data pegawainya dalam Program JKN-KIS, BPJS Kesehatan menyediakan Aplikasi Edabu PD Pemda. Agar diimplementasikan dengan baik, BPJS Kesehatan Cabang Soreang menggelar sosialisasi aplikasi Edabu Pemda kepada perwakilan Pemerintah Daerah Kabupaten Bandung yakni Dinas Sosial, Dinas Kesehatan, Dinas Tenaga Kerja, dan Dukcapil, Selasa (18/05).

Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Cabang Soreang, Tini Wartini menyampaikan pentingnya aplikasi Edabu PD Pemda untuk dipahami oleh seluruh PIC Pemda. 

“Proses pendaftaran, penambahan anggota keluarga, perubahan data, maupun penonaktifan dan proses data lainnya masih dilakukan secara manual, jadi berawal dari situ BPJS Kesehatan membuat sistem informasi yang akan mempermudah untuk PD Pemda dalam melakukan proses administrasi bagi peserta yang didaftarkan oleh Pemda. Secara Nasional jumlah peserta yang didaftarkan oleh PD Pemda sebanyak 34 juta jiwa, di Kabupaten Bandung sendiri berjumlah 106 ribu jiwa lebih,” jelas Tini.

Tini berharap aplikasi ini dapat memudahkan Pemda baik Dinas Sosial maupun Dinas Kesehatan dalam melakukan pengurusan kepesertaan JKN-KIS tanpa harus melakukan pendataan secara manual yang memakan waktu lebih lama. Dalam aplikasi ini, Pemda juga dapat langsung melihat update proses administrasi yang dilakukan, sehingga dapat mengetahui kekurangan administrasi yang harus dilengkapi.

"Aplikasi ini sudah mengakomodir semua kebutuhan pengurusan Administrasi Program JKN-KIS khususnya segmen PD Pemda. Di Aplikasi ini juga terdapat Kartu JKN-KIS Digital yang dapat digunakan di Faskes (fasilitas kesehatan) tanpa harus mencetak kartu ke Kantor BPJS Kesehatan," kata Tini

Tini juga mengatakan semoga dalam implementasi Edabu Pemda ini berjalan dengan lancar, sehingga pengurusan administrasi Program JKN-KIS oleh PD Pemda mudah, cepat, dan efektif.

Pemerintah Daerah Kabupaten Bandung yang diwakili oleh Imran menyatakan sangat mendukung dengan hadirnya aplikasi Edabu Pemda ini. Menurutnya, aplikasi ini sangat membantu pelayanan Pemda terhadap masyarakat Kabupaten Bandung.

"Menurut kami aplikasi Edabu Pemda ini merupakan terobosan yang sangat penting dan bagus. Pemerintah Daerah berkomitmen untuk mendukung berhasilnya implementasi aplikasi ini, terutama dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan publik di Kabupaten Bandung," Ujar Imran. (BS/hs)

Editor: bisnistribunjabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved