Breaking News:

Edi Siswadi Bebas Murni

Edi Siswadi Sudah Bebas, Kapan Mantan Wali Kota Bandung Dada Rosada Menyusul Keluar Penjara?

Kapan mantan Wali Kota Bandung Dada Rosada bebas? Sekda di zamannya, Edi Siswadi, sudah bebas murni hari ini.

Penulis: Mega Nugraha
Editor: taufik ismail
TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN
Terdakwa mantan Sekda Kota Bandung Edi Siswadi memasuki ruang sidang untuk menjalani sidang perdana kasus suap hakim dalam perkara dana bansos Kota Bandung di Pengadilan Tipikor pada Pengadilan Negeri (PN) Bandung, Jalan RE Martadinata, Kota Bandung, Kamis (2/1/2014). Sebelumnya sidang diawali dengan menghadirkan terdakwa mantan Wali Kota Bandung Dada Rosada dalam kasus yang sama. Hari ini Edi bebas murni. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Mega Nugraha

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Mantan Sekda Kota Bandung Edi Siswadi bebas murni pada Selasa (18/5/2021) setelah menjalani penjara selama delapan tahun di Lapas Sukamiskin Bandung. 

Dia terbukti bersalah menyuap Setiyabudi Tedjocahyono, hakim yang menangani perkara korupsi bansos Pemkot Bandung pada 2014.

Edi dipidana penjara selama delapan tahun sejak ditahan KPK pada Agustus 2013.

"Betul, hari ini tadi pagi yang bersangkutan sudah bebas," ujar Kepala Lapas Sukamiskin Bandung, Elly Yuzar saat dihubungi pada Selasa (18/5/2021).

Tidak ada perpisahan khusus saat hari bebasnya Edi Siswadi.

Namun, kata dia, Edi dijemput kerabatnya.

"Tadi saya tanya ada beberapa orang, katanya mau ngejemput Pak Edi," ucap Elly.

Dengan vonis bebas murni setelah delapan tahun penjara, Edi tidak mendapat remisi karena tidak dinyatakan sebagai justice collaborator atau saksi yang bekerja sama mengungkap tindak pidana.

Pasal 34 A Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 99 Tahun 2012 tentang Perubahan Kedua PP Nomor 32 Tahun 199 tentang Tata Cara Pemberian Hak Warga Binaan menyebutkan, syarat pemberian remisi bagi narapidana korupsi, harus dinyatakan sebagai justice collaborator atau saksi yang bekerja sama.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved