Breaking News:

Arus Balik Lebaran 2021

Pemudik yang Lolos dari Pos Penyekatan Gagal Balik ke Kota Asal, Diputar Arah di Ciamis

Mereka adalah pemudik yang lolos saat arus mudik dan usai lebaran ini kembali balik  ke kota tempat mereka merantau (arus balik).

Editor: Ravianto
Dok Humas Polres Ciamis
Petugas gabungan Pos Penyekatan Ciung Wanara Karangkamulyan Cijeungjing Ciamis, Sabtu (8/5/2021), memeriksa mobil dan sepeda motor berpelat luar Priangan Timur (pelat Z) yang melintas jalan nasional jalur selatan tersebut. Dari 22 motor dan mobil yang diperiksa, tidak satu pun yang sampai diminta balik arah. 

TRIBUNJABAR.ID,CIAMIS – Sepanjang siang sampai sore hari pertama arus balik mudik lebaran 2021, Jumat (14/5) sebanyak 37 kendaraan  terpaksa diputararahkan kembali.

Pengemudi dan penumpang kendaraan tidak bisa menunjukan surat jalan atau surat melintas saat melewati 4 pos penyekatan di Ciamis dan Pangandaran pada hari H+1 tersebut.

Mereka adalah pemudik yang lolos saat arus mudik dan usai lebaran ini kembali balik  ke kota tempat mereka merantau (arus balik).

“Puluhan kendaraan tersebut terpaksa diputarbalikan karena telah melanggar peraturan kebijakan larangan mudik. Dan mereka tidak bisa menunjukkan surat jalan atau surat melintas. Yang berlaku selama masa penyekatan mulai tanggal 6/5 sampai 17/5,” ujar Kapolres Ciamis AKBP Hendria Lesmana Jumat (14/5).

Sebanyak 37 kendaraan yang bernomor polisi luar daerah Priangan Timur (bukan berpelat nomor Z..) yang diputararahkan tersebut menurut Kapolres diantaranya terjaring saat melintas Pos Penyekatan Cihaurbeuti di halaman P2B Cihaurbeuti Ciamis (3 kendaraan), P

os Penyekatan Gardujaya Panawangan Ciamis (1 kendaraan), Pos Penyekatan Ciungwanara Karangkamulyan Ciamis (22 kendaraan) dan Pos Penyekatan Kalipucang Pangandaran (11 kendaraan).

Puluhan kendaraan yang diputararahkan kembali tersebut sebagian besar merupakan kendaraan pribadi berikut sepeda motor.

Didirikannya pos penyekatan selama larangan mudik (6/5-17/5) tersebut adalah untuk mencegah warga yang memaksakan mudik.

Dan setelah lebaran, pemudik yang lolos penyekatan tentu akan kembali ke kota semula tempat pemudik bekerja, maupun berusaha.

Petugas gabungan yang siaga di 4 pos penyekatan di Ciamis dan Pangandaran tetap siaga untuk melakukan pemeriksaan kendaraan yang melintas.

Terutama kendaraan yang berpelat nomor luar Priangan Timur (bukan pelat nomor Z).

Kendaraan yang dicurigai membawa pemudik diperiksa surat perjalanan atau surat izin melintasnya.

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved