Breaking News:

Belasan Kendaraan Luar Plat Bandung Raya Diputar Balik di Gerbang Tol Soroja, Ternyata Mau Berwisata

Beberapa kendaraan yang dikembalikan petugas pun diketahui memiliki tujuan berwisata ke beberapa destinasi wisata

Laporan wartawan Tribun Jabar.id, Cipta Permana

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Kondisi arus lalu lintas di pintu keluar gerbang Tol Soroja, Kabupaten Bandung pada H+2 lebaran 1442 H atau H+8 pemberlakuan aturan larangan mudik lebaran terpantau ramai lancar. 

Berdasarkan pengamatan lapangan, sejumlah kendaraan yang bukan berasal dari wilayah Bandung Raya atau berplat nomor kendaraan di luar D, dilakukan penyekatan, hingga dikembalikan dari wilayah asal oleh para petugas gabungan yang terdiri dari unsur TNI, Polri, Dinas Perhubungan, dan Satpol-PP.

Selain karena tidak memiliki kelengkapan dokumen persyaratan perjalanan seperti yang telah ditetapkan dalam aturan, beberapa kendaraan yang dikembalikan petugas pun diketahui memiliki tujuan berwisata ke beberapa destinasi wisata di wilayah Kabupaten Bandung.

Baca juga: Pantauan Arus Lalu Lintas - Tak Ada Kepadatan, Simpang 3 Rajagaluh Majalengka Ramai Lancar

Kepala Pos Pelayanan Gerbang Tol Soroja, AKP Cucu Sentika BS mengatakan, sejak pukul 06.00-10.30 WIB jumlah kendaraan melintas yang dilakukan penyekatan oleh para petugas gabungan telah mencapai 115 kendaraan, dengan jumlah kendaraan yang terpaksa diputar balikan mencapai 17 kendaraan.

"Kondisi arus lalin hari ini di Pos pelayanan Gerbang Tol Soroja, alhamdulillah sampai saat ini masih terkendali. Adapun jumlah kendaraan yang dilakukan pemeriksaan baru mencapai 115 dengan 17 diantaranya terpaksa harus dikembalikan karena tidak memiliki kelengkapan dokumen persyaratan perjalanan," ujarnya saat ditemui di lokasi, Jumat (13/5/2021).

AKP Cucu menjelaskan, selain melibatkan unsur petugas keamanan gabungan, di Pos Gerbang Tol Soroja pun dibantu oleh para petugas kesehatan yang berasal dari Puskesmas Kutawaringin, yang bertugas melakukan layanan pemeriksaan kesehatan, rapid tes antigen dan PCR/Swab.

Baca juga: H+1 Lebaran, Ruas Tol Cipali Sumberjaya Majalengka Masih Sepi dari Kendaraan

"Hingga siang hari ini, jumlah pengendara dan penumpang yang dilakukan pemeriksaan rapid tes antigen dan swab tes mencapai lima orang, dengan hasil alhamdulillah negatif. Mereka yang diperiksa karena tidak dapat menunjukkan surat hasil negatif rapid tes antigen, sehingga kami lakukan pemeriksaan," ucapnya.

Disinggung terkait tujuan perjalanan dari para pengendara yang keluar Gerbang Tol Soroja, Kabupaten Bandung, Ia menjelaskan, rata-rata para pengendara mengaku akan melakukan rekreasi atau berwisata ke wilayah Ciwidey. 

Meski demikian, sesuai dengan ketentuan aturan masa larangan mudik lebaran, pihaknya tetap meminta kendaraan dari luar wilayah Bandung Raya untuk dibalik kanankan, terutama bagi yang tidak mampu menunjukkan kelengkapan dokumen persyaratan perjalanan.

"Kami pun telah menempatkan dari regu yang terdiri dari delapan orang petugas gabungan untuk bersiaga di pos pengamanan Ciwidey, dekat objek wisata Kawah Putih untuk kembali melakukan pemeriksaan. Sedangkan di sini (gerbang Tol Soroja) terdapat 44 petugas yang saling bergantian bertugas selama dua jam sekali dengan pembagian sif, tiga sif," katanya

Baca juga: Hari Pertama Lebaran, Pengunjung TMII Capai 12 Ribu, di Ancol Dua Kali Lipatnya

Penulis: Cipta Permana
Editor: Seli Andina Miranti
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved