BPSDM Jabar Gelar Webinar Bertema "Petani Milenial": Tinggal di Desa, Rezeki Kota, Bisnis Mendunia

BPSDM Jabar terus membantu lebih banyak aparatur sipil negara (ASN) Jawa Barat dan masyarakat luas untuk bisa memahani dengan baik tujuan dan desain P

dokumentasi BPSDM Jawa Barat
Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Jabar menggelar Webinar Gerakan Literasi Aparatur Jawa Barat Berbudaya Juara atau Gelar Praja Berdaya bertema “Mengenal Program Petani Milenial dan Aplikasi Agree untuk Petani Juara”, Kamis (6/5/2021). 

TRIBUNJABAR.ID - Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Jabar menggelar Webinar Gerakan Literasi Aparatur Jawa Barat Berbudaya Juara atau Gelar Praja Berdaya bertema “Mengenal Program Petani Milenial dan Aplikasi Agree untuk Petani Juara”, Kamis (6/5/2021).

Webinar yang diikuti 766 peserta ini dihadiri Kepala BPSDM Jabar Dicky Saromi, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Karo Perekonomian Setda Jabar Benny Bachtiar, dan Head of Agriculture Ecosystem Telkom Hikmatullah Insan Purnama.

Kepala BPSDM Jabar Dicky Saromi mengatakan edisi ke sembilan Webinar Gelar Praja Berdaya ini sebagai bentuk dukungan nyata BPSDM Jabar pada pencapaian misi.

Baca juga: ASN Jabar Wajib Berseragam Pramuka Setiap Tanggal 14, BPSDM Gelar Webinar, Diikuti 18.000 Peserta

Pencapaian itu melalui kolaborasi bersama Biro Perekonomian Setda Jabar dan Tribe of Agriculture Ecosystem Telkom.

“Melalui kegiatan ini, BPSDM Jabar terus membantu lebih banyak aparatur sipil negara (ASN) Jawa Barat dan masyarakat luas untuk bisa memahani dengan baik tujuan dan desain Petani Milenial,” katanya.

BPSDM Jabar juga mendorong mereka untuk mampu menjadi agen informasi yang turut aktif mendukung sukses wajah baru pertanian modern Jawa Barat yang mandiri, produktif, dan berkelanjutan.

Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Jabar menggelar Webinar Gerakan Literasi Aparatur Jawa Barat Berbudaya Juara atau Gelar Praja Berdaya bertema “Mengenal Program Petani Milenial dan Aplikasi Agree untuk Petani Juara”, Kamis (6/5/2021).
Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Jabar menggelar Webinar Gerakan Literasi Aparatur Jawa Barat Berbudaya Juara atau Gelar Praja Berdaya bertema “Mengenal Program Petani Milenial dan Aplikasi Agree untuk Petani Juara”, Kamis (6/5/2021). (dokumentasi BPSDM Jawa Barat)

Menurut Dicky, saat pendaftaran Petani Milenial dibuka pada awal Februari 2021, program itu mendapat respons yang luar biasa dari pemuda berusia 19-39 tahun.

“Program Petani Milenial ini bisa menjadi satu di antara motor penggerak dari sektor pertanian, tepat saat roda perekonomian bangsa Indonesia berusaha bisa berputar normal kembali pasca hantaman pandemi Covid-19,” ucap Dicky.

Jumlah petani muda di Jawa Barat bisa terus bertambah karena sangat dibutuhkan.

Apalagi pertanian menjadi sector penyumbang perekonian terbesar ketiga di Jawa Barat.

Para petani milenial akan mendapat tugas untuk dapat menginventarisasi potensi lahan, peluang pasar, penentuan komoditas pertanian, pendataan, dan pengembangan kapasitas.

“Mereka diberikan bantuan benih, bibit, pupuk, pestisida, dan peralatannya. Sampai pemberian fasilitas pembiayaan dan pemasaran produk,” katanya.

Tidak dapat dipungkiri, kemajuan pertanian masa depan memerlukan banyak inovasi dan pemanfaatan teknologi digital.

“Satu di antaranya adalah menggunakan aplikasi Agree yang diluncurkan Telkom Indonesia untuk mendukung kemajuan digital pertanian,” ujar Dicky.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jabar
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved