Breaking News:

Mantan Komandan KRI Nanggala-402 Cuma Bisa Berbaring di Rumah, Harusnya Masih Dinas 6 Tahun

Mantan Komandan KRI Nanggala 402, Kolonel Laut (Purn) Iwa Kartiwa, saat ini terbaring karena sakit dan hanya bisa tinggal di rumah.

Penulis: Firman Suryaman | Editor: Giri
(dokumentasi mantan Kapolda Kabar, Irjen Pol (Purn) Anto Charliyan)
Kolonel Laut (Purn) Iwa Kartiwa, mantan Komandan KRI Nanggala-402 yang juga mantan Komandan Satuan Kapal Selam Koarmada II Indonesia. 

Laporan Wartawan TribunJabar.id, Firman Suryaman

TRIBUNJABAR.ID, TASIKMALAYA - Mantan Komandan KRI Nanggala-402, Kolonel Laut (Purn) Iwa Kartiwa, saat ini terbaring karena sakit dan hanya bisa tinggal di rumah.

Mantan Kapolda Jabar, Irjen Pol (Purn) Anton Charliyan, selaku kakak kandung Iwa, mengaku prihatin atas kondisi sang adik.

"Adik saya ini sakit sejak menuntaskan jabatan Dansatsel Koarmada II TNI AL tajun 2019," kata Anton kepada wartawan melalui sambungan telepon, Jumat (30/4/2021).

Menurut penuturan Anton, adik kandungnya yang puluhan tahun berada di kapal selam, jatuh sakit diduga lantaran zat besi kapal selam.

Baca juga: Mantan Kapolda Jabar Punya Adik Mantan Komandan KRI Nanggala, Menangis Saat Tahu Nanggala Tenggelam

"Yang terserang adalah paru-paru. Ia saat ini hanya bisa terbaring di kasur. Padahal jika tak jatuh sakit masih memiliki masa dinas enam tahun lagi," ujar Anton.

Anton menuturkan, semasa ia masih menjabat Kapolda Jabar, Iwa bersama teman-temannya sering ngerumpi di rumah mengenang masa suka-duka bertugas di kapal selam.

"Mereka bilang menjadi pasukan khusus kapal selam bak sudah mengadaikan nyawa sendiri demi bangsa dan negara. Karena kalau kapal rusak dan tenggelam, kecil kemungkinan bisa selamat," kata Anton mengutip keterangan sang adik. 

Baca juga: Presiden Jamin Putra-putri Para Prajurit KRI Nanggala-402 Dapat Beasiswa Hingga Kuliah

Saat mengetahui KRI Nanggala-402 tenggelam dan seluruh awak gugur, Iwa tak kuasa menangan tangisnya. 

Ia menangis selain karena membayangkan nasib awaknya, juga bagaimana pun punya ikatan batin dengan KRI itu. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved