Breaking News:

Jangan Coba-coba Mudik ke Garut, Ada 12 Pos Penyekatan, Jalan Tikus Pun Dijaga

Sebanyak 12 titik penyekatan pemudik didirikan di Kabupaten Garut. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19.

Penulis: Sidqi Al Ghifari | Editor: Giri
Istimewa/Polres Garut
Satu di antara titik penyekatan di Kabupaten Garut. Di Garut, untuk meminimalisasi pemudik yang masuk, ada 12 titik penyekatan yang memeriksa kendaraan yang melintas. 

Laporan Kontributor TribunJabar.id Garut, Sidqi Al Ghifari

TRIBUNJABAR.ID, GARUT - Sebanyak 12 titik penyekatan pemudik didirikan di Kabupaten Garut. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19.

Karo Ops Polda Jabar, Kombes Pol Stephen, melakukan pemantauan langsung ke titik penyekatan pemudik di pos GTC Limbangan Kabupaten Garut, Jumat (30/4/2021).

Stephen mengatakan, penyekatan dalam Operasi Ketupat Lodaya 2021 tersebut diharapkan mampu menghidupkan ekonomi masyarakat.

"Penyekatan ini demi keberlangsungan ekonomi juga. Kalau kita sukses melakukan Ops Ketupat Lodaya 2021 ini, insyaallah pertumbuhan ekonomi indonesia akan terus naik."

"Masyarakat merangkak maju, tidak mundur lagi. Kita harapkan kesadaran masyarakat untuk menahan diri, sesuai dengan imbauan pemerintah untuk tidak mudik,” ucapnya.

Di Jawa Barat terdapat 151 titik  penyekatan untuk meminimalisasi pemudik. Ada 12 titik penyekatan yang ada di Kabupaten Garut.

"Kami perpedoman kepada peraturan Kementerian Perhubungan. Sudah jelas siapa saja yang akan diizinkan masuk ke Kota Garut," ucapnya.

Baca juga: Larangan Mudik Lebaran 2021 di Purwakarta, Pemudik yang Langgar Penyekatan akan Diputar Balik

Dari ke 12 titik penyekatan terdapat empat titik utama penyekatan yakni Limbangan, Simpang Tiga Jalan Baru Kadungora, Simpang Tiga Malangbong, dan Masjid Hidayatul Muna Jalur Garut-Tasik.

Kasat Lantas Polres Garut, AKP Karyaman, mengatakan, pihaknya akan menindak pemudik yang nekat datang ke Garut.

"Kami akan menindak tegas, termasuk dengan rapid test dan antigen. Jika terbukti positif akan dikarantina di tempat yang sudah disediakan oleh dinkes dan Satgas Covid-19," ucapnya.

Baca juga: Ada 158 Titik Penyekatan di Jalur Tol dan Jalan Arteri di Wilayah Polda Jabar, Ini Kata Kapolda

Karyaman menjelaskan pihaknya telah menyiapkan delapan titik cek poin di jalur tikus menuju Kabupaten Garut untuk meminimalisasi pemudik yang menggunakan jalur tersebut.

"Salah satunya di Jalur Cijapati Kadungora. Itu sudah disiapkan penyekatan di jalan tikus," katanya. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved