Breaking News:

ASN Pemkot Bandung Belum Terima THR, Sekda Sebut Tunggu Surat Resmi Peraturan Pemerintah

Pendistribusian THR bagi ASN di lingkungan Pemkot Bandung bergantung pada kapan datangnya surat peraturan pemerintah.

Tribun Jabar/ Cipta Permana
Sekda Kota Bandung, Ema Sumarna jelaskan terkait belum dilakukannya pencairan THR bagi ASN Pemkot Bandung, saat ditemui di Kecamatan Rancasari, Kota Bandung, Selasa (28/4/2021) 

Laporan wartawan Tribun Jabar.id, Cipta Permana

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Meski Kementerian Keuangan menyebut pencairan Tunjangan Hari Raya (THR) bagi ASN, TNI, dan Polri telah dapat dilakukan mulai H-10 cuti bersama lebaran yang bertepatan dengan Rabu (28/4/2021).

Namun, hal tersebut belum dilakukan oleh Pemerintah Kota Kota Bandung.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung, Ema Sumarna mengatakan, alasan belum di distribusikannya hak bagi para ASN tersebut, disebabkan belum adanya surat resmi dari Peraturan Pemerintah untuk menjadi pedoman pelaksanaan pencairan THR di Pemerintah Daerah. Pihaknya masih menunggu arahan selanjutnya dari pemerintah pusat.

"Prinsipnya uang THR ini ada dan sudah kami siapkan, tapi kami masih menunggu surat resmi peraturan pemerintahnya yang hingga kini belum kami terima. Kalau sudah di terima pasti kami akan langsung distribusikan," ujarnya usai menghadiri acara launching pendistribusian subsidi barang kebutuhan pokok di Kecamatan Rancasari, Kota Bandung, Rabu (28/4/2021).

Disinggung terkait batas rencana pendistribusian THR bagi ASN di lingkungan Pemkot Bandung, kembali Ema menegaskan bahwa hal tersebut bergantung pada kapan datangnya surat peraturan pemerintah.

Apabila surat tersebut datang cepat, maka cepat pula distribusi THR akan dilakukan.

Baca juga: Racun Apa yang Terkandung di Sate Lontong Maut yang Tewaskan Bocah di Bantul? Sampel Masih Diteliti

"Jadi tergantung kapannya surat itu (Peraturan Pemerintah) datang, kan Bu Menteri (keuangan) menyebutkan paling lambat H-10 atau maksimum H-5, maka ini masih dalam koridor waktu saja. Intinya tergantung surat itu datang, kalau belum ada itu, kami tidak berani untuk mencairkannya, karena setiap tahun juga begitu standarnya dari Pemerintah Pusat," ucapnya.

Ema menambahkan, terkait teknis besaran nominal THR yang akan didistribusikan bagi para ASN di Pemkot Bandung, menurutnya, akan dibayarkan secara penuh sesuai dengan regulasi yang ditetapkan yaitu, meliputi besaran gaji pokok dan beberapa tunjangan tetap lainnya.

"Besaran THR yang di dapat itu kan gaji pokok ditambah tunjangan keluarga, juga tunjangan beras yang semacam itulah, yang tiap orang kan memiliki besarannya masing-masing. Intinya, anggaran THR untuk 14 ribuan Pemkot Bandung telah kami siapkan," katanya.

Baca juga: Kebebasan Memperoleh Informasi dan Berekspresi Makin Luas, Tantangan Profesi Komunikasi Kian Berat

Penulis: Cipta Permana
Editor: Seli Andina Miranti
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved