Breaking News:

Terminal

VIDEO-Petugas Terminal Tipe A Kuningan Lakukan Tes Genose Pada Penumpang Bus AKAP dan AKDP

Calon penumpang Bus Antara Kota Antar Provinsi (AKAP) atau Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) di wajibkan mengikuti Tes Genosa di Terminal...

TRIBUNJABAR.ID, KUNINGAN - Calon penumpang Bus Antara Kota Antar Provinsi (AKAP) atau Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) di wajibkan mengikuti Tes Genose di Terminal Kertawangunan Kuningan, Jawa Barat.

Demikian hal itu dikatakan Kepala Koordinator Terminal, Ahmad Sardi saat menyampaikan kepada TribunCirebon.com disela kegiatan pengawasan di terminal setempat, Senin (26/4/2021).

Kebijakan Tes Genose telah dilakukan sejak beberapa terakhir ini bagi calon penumpang yang hendak ke luar daerah. Bahkan calon penumpang yang mengikuti Tes Genose tidak dipungut biaya alias gratis.

"Seperti diketahui, Tes Genose ini memiliki cara kerja yang cukup ringkas dan cepat dalam mendeteksi Covid-19. Alat pendeteksi Covid-19 ini berbasis embusan nafas seseorang yang disimpan dalam sebuah kantong plastik tertentu," ungkap Ahmad Sardi.

Menurutnya, hasil Tes Genose ini sebagai data diri bagi setiap penumpang terkait keterangan bebas COVID-19.

“Kami melakukan pemeriksaan kepada calon penumpang yang akan berangkat ke daerah Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur dan kota-kota lain,” ujarnya.

Mengenai ada kebijakan larangan mudik, kata dia, sejauh ini tidak terlihat adanya lonjakan penumpang bus untuk berangkat ke luar daerah. "Termasuk warga asal Kuningan yang baru tiba di terminal, hingga kini belum terlihat signifikan. Kegiatan-kegiatan di terminal masih landai dan belum ada penumpukan penumpang," ujarnya.

Sebab menurutnya, setiap penumpang bus yang datang dari luar kota biasanya turun di masing-masing pool bus, atau turun sebelum masuk ke kawasan terminal. (*)

Penulis: Ahmad Ripai
Video Production: Dicky Fadiar Djuhud

Penulis: Ahmad Ripai
Editor: Dicky Fadiar Djuhud
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved