Breaking News:

Persib Bandung

Analisis Final Leg Kedua Persib Vs Persija Dari Mantan Pemain Persib, Firman; Menang 3-0 Tidak Mudah

Mantan pemain Persib Bandung Firman Utina mennganalisa final leg kedua Persib vs Persija meerupakan situasi yang sulit bagi Persib Bandung

Penulis: Nazmi Abdurrahman
Editor: Siti Fatimah
TRIBUN JABAR/TARSISIUS SUTOMONAIO
Firman Utina 

TRIBUNJABAR.ID, BADUNG - Leg kedua bakalan seru, tingkat pressure-nya paling ada di Persib karena harus menyalip, situasi ini gak gampang, tapi sepakbola itu bukan matematika yang bisa kita tebak, langsung ada angka. 

Demikian analisi dari Firman Utina Mantan Pemain Persib Bandung.

Menurut Firman Utina, bagi Persib ini situasi yang sulit, sama seperti yang saya alami di AFF yang kita kalah 3-0, dan main di kandang harus buru-buru bikin gol. Ini gak gampang butuh kecerdasan pelatih, strategi.

Baca juga: Final leg kedua Persib vs Persija, Mantan Pemain Persib Heri Rafni Kotari Minta Tim Antisipasi Ini

"Pemain juga harus mengimprovisasi, tidak cuma textbook, mereka harus improvisasi karena mereka yang ada di lapangan dan tahu situasinya, mereka harus ubah keadaan itu, jadi harus punya sosok yang memotivasi pemain-pemain tersebut," katanya.

Ia mengatakan, pada leg pertama menurut saya Persib kalah, kesiapannya lebih dimiliki Persija karena hal yang dilakukan Persija langsung pres dan menghasilkan gol dimenit -menit awal, hanya beberapa detik sudah bisa bikin gol tercepat. 

"Itu kan berarti ketidak siapan dari para pemain Persib. Saya lihat sih seperti itu, wajar dengan kerja keras yang lebih siap, Persija bisa seperti ini. Lebih ke kaget aja gol pertama dan gol kedua cepat," katanya.

Ia menyebutkan  pada Babak kedua ada peningkatan, mulai ada perubahan, sistem bermain juga mulai berubah dengan counter dan pressing di depan.

Baca juga: Ini yang Harus Dilakukan Pemain Persib Bandung di Final Kedua Kontra Persija Menurut Firman Utina

Tapi Persija punya pemain pemain pengalaman juga ada Maman Abdurahman dan Tony Sucipto juga kan.

"Pemain lokal malah yang main di posisi itu. Di leg kedua menurut saya Persib harus bekerja keras," katanya.

Disinggung soal peluang, kata Firman Utina,  kalau Persijanya tidak siap ya bisa ini (ambil keuntungan).

Tapi agregatnya harus tiga.

"Nah, makanya, jadi harus 3-0 dan untuk menang 3-0 kan tidak mudah, tapi semuanya bisa terjadi aja kan, Persija aja gol cepat itu bisa," katanya.

Baca juga: Jelang Persib Bandung vs Persija Jakarta, Pesan Wander Luiz & Marco Motta untuk Bobotoh dan Jakmania

Ia juga mengingatkan, di bulan suci ramadan ini jangan sampai ada benturan di lapangan.

Karena dua-duanya tim besar dan akan lebih baik junjung tinggi sportivitas agar kedua suporter ini terhibur saat menyaksikan di rumah. 

"Sepakbola itu kan salah satu ajang yang buat ramai dan hal ini bisa kita jaga agar sepakbola kita ini tidak dihalang-halangi lagi untuk menggelar pertandingan.  Mudah-mudahan dari hasil final Piala Menpora ini menjadi panduan dan bisa meyakinkan pemerintah serta kepolisian sehingga Liga bisa digelar dan pemain-pemainnya itu terjamin kesehatannya," katanya.

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved