Breaking News:

Bala-bala dan Pais Beunteur, Menu Buka Puasa Bupati Subang Ruhimat, Dimasak oleh Sang Istri

Berbuka puasa bersama keluarga di rumah sungguh menyenangkan. Selain bisa menambah rasa

tribunjabar/irvan maulana
Ny Yoyoh Sopiah Ruhimat istri Bupati Subang Ruhimat sedang menyiapkan menu berbuka puasa untuk sang suami dan anak-anaknya di rumah dinas Bupati Subang, Rabu (21/4) 

Laporan Kontributor Tribunjabar.id, Irvan Maulana

TRIBUNJABAR.ID, SUBANG - Berbuka puasa bersama keluarga di rumah sungguh menyenangkan. Selain bisa menambah rasa nikmat menu yang disantap, juga bisa menambah kebahagiaan dan keberkahan.

Selayaknya keluarga pada umumnya, keluarga Bupati Subang Ruhimat juga kerap berbuka puasa bersama. Seperti saat ditemui Tribun di Rumah Dinas Bupati Subang pada Rabu (21/4).

Ny Yoyoh Sopiah Ruhimat, istri Bupati Subang Ruhimat pun menceritakan berbagai menu yang kerap disajikan untuk sang suami dan anak-anaknya.

Ternyata bukan makanan mewah yang disajikan sang istri, menu yang disajikan cuma gorengan (bala-bala), sambel goang, dan pais beunteur (pepes ikan cere). Takjilnya pun hanya bubur sumsum, dan es timun.

Baca juga: Sudirman Sebut Persija Jakarta Tahu Kelemahan Persib Bandung, Minta Riko Simanjuntak Cs Eksploitasi

Ny Yoyoh Sopiah Ruhimat istri Bupati Subang Ruhimat sedang menyiapkan menu berbuka puasa
Ny Yoyoh Sopiah Ruhimat istri Bupati Subang Ruhimat sedang menyiapkan menu berbuka puasa (tribunjabar/irvan maulana)

"Kalau bapak (Ruhimat) menu berbuka yang wajib itu harus ada bala-bala sama sambel, takjilnya ini bubur sumsum sama es timun," kata Yoyoh ketika ditemui Tribun di rumah dinas Bupati Subang, kala itu ia tengah memasak berbagai menu untuk buka puasa keluarganya.

Menurut Yoyoh, lauk pauk untuk santapan orang nomor satu di Subang itu ternyata bukan menu yang mewah dan istimewa, ia lebih sering menyebut masakan yang disajikan untuk sang suami adalah masakan kampung.

"Bapak makan gak pernah mewah-mewah, cuma yang harus ada itu ikan asin sama sayur asem, sama ini emping jengkol, bapak makan pepes ikan juga cuma ikan beunteur yang dia suka" kata Yoyoh.

Yoyoh mengatakan suaminya juga seringkali memintanya untuk membuatkan sambel dadakan (sambel goang), "Sambel aja si bapak gak pernah aneh, cuma minta dibuatkan sambel goang," ujarnya.

Baca juga: VIDEO-KARTINI ZAMAN NOW, Elin Rani Gendong Bapaknya Masuk ke RSUD dr Slamet Garut untuk Berobat

Jika kebanyakan orang berpikir bahwa orang kaya atau pejabat itu makanannya mewah, ternyata tidak seperti itu jika melihat dapur rumah dinas Bupati Subang, sang istri Yoyoh Sopiah Ruhimat hanya menyiapkan berbagai olahan, menu pepes, serta gorengan dan ikan asin.

Yoyoh bahkan mengatakan sang suami kerap rela menahan lapar ketika sedang berkerja bahkan hingga larut malam hanya demi menyantap masakan istrinya.

"Sering juga, kalau bapak acara diluar kunjungan ke mana, kan banyak itu jamuan makan, bapak milih gak ikut makan. Katanya sayang goreng ikan asin, pais beunteur sama emping jengkol di rumah," kata Yoyoh sembari tertawa.

Ruhimat sendiri mengaku tak ada yang mampu menandingi masakan istrinya, "Mau saya di kegiatan atau acara dimanapun, sekalipun di hotel bintang lima, rasanya tak sebanding dengan enaknya masakan mimih (istri)," kata Ruhimat.

Bahkan ia bisa menandai rasa khas masakan istri tersebut, "Kalau saya tahu mana sambel buatan mimih mana yang sambel yang bukan buatan mimih, kalau bukan buatan dia pasti gak enak itu sambel,” kata Ruhimat.

Penulis: Irvan Maulana
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved