Breaking News:

Mau Aktif Berbagi Terang dengan Sesama Sekaligus Dapat Diskon Tambah Daya? Yuk, Simak Caranya

Tidak seperti tahun tahun sebelumnya, Ramadhan tahun 2021 terasa lebih special dan berkah karena di momen ini kita dapat aktif berbagi terang dengan s

Istimewa
Mau Aktif Berbagi Terang dengan Sesama Sekaligus Dapat Diskon Tambah Daya? 

TRIBUNJABAR.ID - Tidak seperti tahun tahun sebelumnya, Ramadhan tahun 2021 terasa lebih special dan berkah karena di momen ini kita dapat aktif berbagi terang dengan sesama saat mendaftar program Ramadhan Peduli dari PLN.

Melalui program tersebut, kita ada kesempatan terlibat aktif melestarikan lingkungan dan turut berkontribusi dalam aksi sosial pasang baru gratis bagi masyarakat yang kurang mampu serta sekaligus mendapatkan e-voucher keringanan tambah daya.
Program Ramadhan Peduli PLN yang berlangsung hingga 31 Mei ini diperuntukkan bagi 2 jenis pelanggan:

  •  Pertama adalah Ramadan Peduli yang diperuntukkan bagi pelanggan rumah tangga daya 450 volt ampere (VA) sampai dengan 7.700 VA.

Keringanan tambah daya diberikan jika pelanggan membeli e-voucher Renewable Energy Certificate (REC) seharga Rp 115.500. REC merupakan instrumen berbasis pasar yang menyatakan bahwa pemegang sertifikat menggunakan satu MWh (megawatt jam) listrik dari sumber-sumber energi terbarukan.

Selanjutnya, pelanggan akan mendapatkan harga promo layanan tambah daya dengan pilihan daya akhir 2.200 VA sampai 11.000 VA dengan biaya hanya Rp 202.100. Sehingga total biaya yang dikeluarkan untuk program Ramadhan Peduli adalah Rp 317.600. Jumlah ini lebih murah karena untuk tambah daya harga normal dari 900 VA menjadi 2.200VA biasanya mencapai Rp 1,1 juta.

Sebagian hasil penjualan tersebut akan digunakan untuk diinvestasikan kembali pada energi terbarukan, dan sebagian lagi untuk membantu penyambungan baru bagi masyarakat tidak mampu yang akan diberikan listrik secara gratis.

  • Kedua adalah Ramadan Berkah untuk pelanggan sosial khusus rumah ibadah dengan daya 450 VA hingga 7.700 VA. Untuk penambahan daya hanya dikenakan satu harga tunggal yaitu Rp 150 ribu dengan pilihan tambah daya dari 2.200 - 11.000 VA.

Untuk mengajukan Program Ramadhan Peduli, kita dapat mendaftar melalui PLN Mobile atau membeli 3 REC di laman resmi www.layanan.pln.co.id. Berikut tutorial akses layanan REC:

  • Buka www.layanan.pln.co.id dan klik menu Renewable Energy Certificate.
  • Untuk menikmati layanan, klik daftar dibagian sudut kanan atas
  • Masukkan data untuk membuat akun seperti email, nama, nomor telpon, dll
  • Sistem akan mengirimkan kode OTP lalu masukkan kode tersebut
  • Login kembali menggunakan email dan password yang telah didaftarkan sebelumnya. Pelanggan akan dibawa pada tampilan utama laman, kemudian klik "Beli REC" dan pilih Kategori Pembelian sesuai dengan kebutuhan
  • Lengkapi profil, selanjutnya klik "Edit data pembeli REC". Isi NIK, NPWP, ID Pelanggan, dan detail alamat, lalu klik simpan
  • Klik kembali sub menu "Renewable Energy Certificate" dan "Beli REC". Pilih kategori pembelian yang dikehendaki
  • Pilih pembangkit mana yang dipilih untuk layanan REC dan isikan juga jumlah unit yang siambil. Pada bagian sisi kanan, akan tampak gambaran akumulasi biaya yang perlu dibayarkan untuk pembelian REC yang dilakukan, lalu klik "Beli”
  • Pemesanan selesai, Nomor registrasi akan dikirimkan melalui email yang didaftarkan untuk kemudian digunakan sebagai kode pembayaran dalam jangka waktu 5x24 jam
  • Apabila pembayaran berhasil. REC akan dikirimkan melalui email lengkap disertai e-voucher keringanan tambah daya bagi kategori pembelian ramadhan peduli.
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved