Breaking News:

THR Harus Dibayar Full 7 Hari Sebelum Lebaran, Disnakertrans Sumedang Akan Cek Kondisi Perusahaan

THR 2021 kapan cair? Pemerintah sudah meminta THR harus dibayar full 7 hari sebelum Lebaran.

Tribunjabar.id/Kisdiantoro
ILUSTRASI - Uang tunjangan hari raya atau THR. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, SUMEDANG - Jadi THR 2021 kapan cair? Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Sumedang dalam waktu dekat ini akan melakukan monitoring ke perusahaan terkait kesiapan dalam membayar Tunjangan Hari Raya (THR).

Hal tersebut dilakukan untuk menindaklanjuti Surat Edaran (SE) Menteri Ketenagakerjaan nomor 6 tahun 2021 tentang pelaksanaan pemberian THR 2021 bagi pekerja atau buruh di perusahaan.

Kepala Seksi Hubungan Industrial dan Perselisihan, Disnakertrans Kabupaten Sumedang, Bambang Setiawan, mengatakan, dalam surat edaran tersebut bahwa THR harus dibayar full 7 hari sebelum Lebaran oleh perusahaan.

Baca juga: Tadarus di Bulan Ramadan, Baca Dulu Doa Sebelum dan Sesudah Membaca Al Quran Lengkap dengan Artinya

Baca juga: PERINGATAN DINI BMKG, Daftar Daerah di Jabar yang Berpotensi Dilanda Hujan Lebat dan Petir Hari Ini

"Kami harus menindaklanjuti surat edaran tersebut. Rencananya minggu depan akan monitoring THR supaya bisa mengetahui terkait pemetaan perusahaan yang sanggup dan tidak sanggup membayar THR," ujar Bambang saat ditemui di kantornya, Kamis (15/4/2021).

Bambang mengatakan, pihaknya harus mengetahui kondisi keuangan perusahaan sebelum H-7 Lebaran agar Disnakertrans bisa segera memberikan solusi bagi perusahaan yang tidak sanggup membayar THR.

"Kalau tidak sanggup biasanya perusahaan membuat kesepakatan dengan serikat pekerja. Tapi poin terpenting itu, THR harus dibayar sebelum hari raya,"  katanya.

Bahkan untuk perusahaan yang akan bangkrut akibat terdampak pandemi Covid-19 juga, kata dia, tidak bisa serta merta terbebas untuk membayar THR bagi karyawannya.

Hal tersebut, kata Bambang, karena perusahaan harus membuktikan dengan pernyataan yang legal dan harus ada bukti kebangkrutan dari pengadilan serta perusahaan juga harus menunjukkan hasil audit internal.

"Tapi kalau memang perusahaan itu tidak sanggup (bangkrut) kita akan kembalikan ke pekerjanya akan seperti apa karena Disnaker hanya sebagai pemberi pembinaan dan pengarahan," ucap Bambang.

Artinya, kata dia, Disnakertrans akan tetap normatif sesuai aturan yang berlaku, di mana pihaknya tetap melakukan monitoring bahwa THR akan dibayar full oleh semua perusahaan.

Berdasarkan data Disnakertrans Kabupaten Sumedang, total perusahaan di Sumedang ada 903 dengan rincian, 45 perusahaan kategori besar, 114 perusahaan sedang, dan 744 merupakan perusahaan kecil.

Baca juga: Kata-kata Lucu Ucapan Selamat Berbuka Puasa Ramadan 2021 untuk Sahabat, Kirim Lewat Chat WhatsApp

Baca juga: 10 Ucapan Buka Puasa Ramadan 2021 dalam Bahasa Inggris, Kirim ke Keluarga dan Teman

Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: taufik ismail
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved