Libur Lebaran

Libur Lebaran Cuma Dua Hari, Kang Emil: "Tidak Ada Rebahan-rebahan, Langsung Kerja Lagi''

Presiden RI menetapkan bahwa cuti bersama aparatur sipil negara selama 2021 hanya dua hari, yakni cuti Hari Raya Idulfitri 1442 Hijriah dan Natal.

Editor: Hermawan Aksan
dokumentasi BPSDM Jawa Barat
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mendukung keputusan pemerintah pusat untuk mengadakan cuti bersama Lebaran hanya satu hari, demi mencegah penyebaran Covid-19. 

Laporan Wartawan TribunJabar.id, Muhamad Syarif Abdussalam

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Presiden RI menetapkan bahwa cuti bersama aparatur sipil negara selama 2021 hanya dua hari, yakni cuti Hari Raya Idulfitri 1442 Hijriah dan Natal.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil pun mendukung keputusan tersebut demi mencegah penyebaran Covid-19.

"Tahun 2021 belum diumumkan pandemi ini berakhir. Jadi kalau Lebaran liburnya dua hari, mental kita jangan menggunakan mental sebelum Covid-19, yang berlibur seminggu," kata Gubernur yang akrab disapa Kang Emil ini di Gedung Sate, Rabu (14/4/2021).

Baca juga: Sungai Ciseel Meluap, Gorong-gorong Ambles, Jalur Tambaksari-Ciparay di Ciamis Terputus

Baca juga: Marak Desakan KLB- Muktamar Luar Biasa, PKB Ciamis Pilih Langkah Ini

Setelah libur Lebaran usai, katanya, ASN dan masyarakat bisa kembali produktif bekerja kembali.

Tidak ada waktu, ujarnya, untuk bersantai setelah hari raya kali ini.

"Sekarang, sudah dua hari libur kita langsung kerja lagi, mengontrol lagi. Jadi enggak ada rebahan-rebahan liburan-liburan yang sifatnya panjang selama itu, karena posisi kita tidak dalam kondisi itu," katanya.

Kang Emil mengatakan pihaknya mendukung apa pun keputusan pemerintah pusat karena berdasarkan pengalaman, jika libur terlalu panjang, angka penyebaran Covid-19 kembali naik pesat.

"Jadi saya mendukung apa pun keputusan karena kami rasakan kalau terlalu panjang, kontak dan kasus juga naik," katanya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo menerbitkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 7 Tahun 2021 tentang Cuti Bersama Pegawai Aparatur Sipil Negara Tahun 2021.

Melalui Keppres tersebut, ditetapkan bahwa cuti bersama ASN selama tahun 2021 hanya dua hari, yakni cuti Hari Raya Idulfitri 1442 Hijriah dan Natal.

"Menetapkan cuti bersama Pegawai Aparatur Sipil Negara tahun 2021 yaitu pada tanggal 12 Mei 2021 (Rabu) sebagai cuti bersama Hari Raya Idulfitri 1442 Hijriah dan tanggal 24 Desember 2021 (Jumat) sebagai cuti bersama Hari Raya Natal," bunyi petikan Keppres tersebut.

Dalam Keppres itu juga disebutkan bahwa cuti bersama tidak mengurangi hak cuti tahunan pegawai ASN.

Kemudian, pegawai ASN yang karena jabatannya tidak diberi hak atas cuti bersama, hak cuti tahunannya ditambah sesuai dengan jumlah cuti bersama yang tidak diberikan.

Adapun Keppres Nomor 7 Tahun 2021 diteken Jokowi pada 9 April 2021 dan mulai berlaku sejak tanggal ditetapkan.

Dalam pertimbangan Keppres disebutkan bahwa aturan ini dibuat untuk menciptakan efisiensi dan efektivitas hari kerja.

"Dalam rangka mewujudkan efisiensi dan efektivitas hari kerja serta memberi pedoman bagi instansi pemerintah dalam melaksanakan cuti bersama tahun 2021," bunyi petikan pertimbangan Keppres. (*)

Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved