Breaking News:

Ramadan 1442 H

Hari Pertama Puasa, Waspada Dehidrasi Saat Mengendarai Motor

Training Director The Real Driving Centre (RDC), Marcell Kurniawan, mengatakan berkendara saat berpuasa harus lebih hati-hati karena rentan dehidrasi

Editor: Tarsisius Sutomonaio
tribunjabar/hilman kamaludin
Hari Kesehatan Nasional, Polisi dan Pengendara di Sumedang Gelar Aksi Tepuk Tangan 56 Detik 

TRIBUNJABAR.ID, JAKARTA- Hari ini, Selasa (13/4/2021), ditetapkan sebagai hari pertama bulan Ramadan, masa ibadah puasa bagi semua umat Islam.

Aktivitas sehari-hari tetap harus dilaksanakan selama menjalankan ibadah puasa, termasuk mengendarai sepeda motor untuk bekerja.

Para pengendara yang sedang berpuasa diingatkan untuk mewaspadai kekurangan cairan atau biasa disebut dehidrasi. Ketika tubuh mengalami dehidrasi, aktivitas berkendara tidak akan seoptimal biasanya.

Training Director The Real Driving Centre (RDC), Marcell Kurniawan, mengatakan berkendara saat berpuasa harus lebih hati-hati karena tubuh lebih rentan dehidrasi.

"Saat kita mengenakan safety gear berupa helm, jaket, dan sepatu, panas tubuh akan lebih sulit keluar sehingga lebih mudah dehidrasi," kata Marcell kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Baca juga: 5 Anjuran Makan Sahur Menurut Rasulullah SAW, Dilakukan agar Puasa Ramadan 1442 H Membawa Berkah

Baca juga: Waktu yang Tepat untuk Membaca Niat Puasa Ramadan, Apakah Cukup Niat Satu Kali untuk Satu Bulan?

"Dehidrasi saat berkendara berisiko menurunnya konsentrasi, kemampuan untuk mengobservasi potensi bahaya, kurang perhatian akan lalu lintas, sulit fokus, dan juga menurunnya kemampuan bereaksi di waktu yang tepat," katanya.

Jika tidak benar-benar ada keperluan, disarankan untuk tidak mengendarai sepeda motor ketika berpuasa pada siang hari. Ini untuk menghindari sengatan panas sinar matahari yang bisa membuat lebih cepat dehidrasi.

Lalu, disarankan untuk memberi asupan pada tubuh dengan makanan yang tinggi serat serta minum air yang cukup saat sahur. Dengan begitu, potensi dehidrasi saat berkendara bisa berkurang. (M. Adika Faris Ihsan)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Puasa Hari Pertama, Pengendara Motor Waspada Dehidrasi"

Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved