Breaking News:

VIDEO-Kebun Bambu Belakang Rumah Sakit 45 Kuningan, Jadi Habibat Ratusan Monyet Liar

Kebun bambu persis belakang Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) 45 Kuningan, tiba - tiba jadi habitat fauna primata alias monyet liar.

Laporan Kontributor TribunJabar.id Kuningan, Ahmad Ripai

TRIBUNJABAR.ID, KUNINGAN - Kebun bambu persis belakang Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) 45 Kuningan, tiba - tiba jadi habitat fauna primata alias monyet liar. Menurut Iyang (27) salah seorang warga setempat mengaku bahwa monyet liar memang sering datang dan pergi dari lingkungan sekitar.

"Kebetulan saat ini monyetnya banyak dan ada sekitar seratusan lebih biasa hidup di kawasan perkebunan bambu ini," ungkap Iyang yang juga warga Blok Cangkuang, Kabupaten Kuningan, saat ditemui di lokasi, Selasa (6/4/2021).

Iyang mengatakan, melihat perkembangan kehidupan monyet liar itu bersifat mengelompok.

Baca juga: VIDEO-Petani Desa Suntenjaya Lembang Kewalahan Terima Orderan Sayuran, Padahal Dulu Sulit Menjualnya

"Iya monyet saya perhatian banyak dan itu hidupnya berkelompok satu dengan lainnya. Seperti di belakang Rumah sakit, disana ada banyak monyet dan disini juga sama," ujar Iyang seraya menambahkan bahwa lokasi perkebunan ini merupakan lahan eks tempat pembuangan sampah rumah tangga, warga sekitar.

Dalam aktivitas hewan primata tersebut, kata dia, diketahuinya itu sering mencari makanan dari sekitar lahan eks pembuangan sampah dan tidak menutup kemungkinan, tanaman warga yang berbuah juga menjadi sasaran.

Baca juga: VIDEO-Suara Ridwan Kamil Bergetar, Menahan Haru Saat Peletakan Batu Pembangunan Masjid Syaikh Ajlin

"Iya, kalau monyet disini. Tidak lain mencari makanan dan beberapa tanaman warga yang berbuah juga habis di curi monyet. Seperti lihat saja, itu ada pohon kelapa tapi gak ada buahnya," ujarnya.

Meski demikian, kata Iyan, hewan primata selama ini tidak pernah mengganggu warga kampung sekitar. Memainkan yang terjadi hanya menyarang tanaman warga saja.

"Untuk warga selama ini memang tidak ada korban akibat tingkah monyet liar tadi. Tapi kalau tanaman itu sudah terbukti dan bisa lihat langsung kondisi pepohonan disini," ungkapnya. (*)

Penulis: Ahmad Ripai
Video Editor: Edwin Tk

Penulis: Ahmad Ripai
Editor: Teguh Kurnia
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved