Permudah Sediakan Info Lowongan Kerja di Jabar, Disnakertrans Jabar Luncurkan jabarjawara.id

Selain menyediakan informasi lowongan kerja, portal dalam jaringan (online) ini pun diharapkan bisa menghimpun berbagai data yang diperlukan

Tribun Jabar/ Muhamad Syarif Abdussalam
Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Barat meluncurkan situs jabarjawara.id. 

Laporan Wartawan TribunJabar.id, Muhamad Syarif Abdussalam

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Barat meluncurkan situs jabarjawara.id.

Selain menyediakan informasi lowongan kerja, portal dalam jaringan (online) ini pun diharapkan bisa menghimpun berbagai data yang diperlukan terkait dengan industri dan ketenagakerjaan.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Barat Taufik Garsadi mengatakan, selama ini pihaknya kesulitan untuk menghimpun data ketenagakerjaan.

"Selama ini data kita hanya baru sebagian, jadi data penganggur yang baru itu hanya berdasarkan data BPS, 2,53 juta. By name by addres baru 80 ribu yang dirumahkan, 18 ribu yang di-phk," katanya di Bandung, Kamis (8/4/2021).

Sulitnya menghimpun data ini, katanya, disebabkan setiap pihak memegang datanya secara masing-masing. Perguruan tinggi sampai dinas pendidikan,memegang data sendiri-sendiri. Demikian juga perusahaan yang memegang data sendiri-sendiri.

Padahal, menurut dia, secara aturan setiap perusahaan wajib menginformasikan kepada pemerintah terkait penerimaan dan pemberhentian tenaga kerja. Setiap perusahaan, kalau merekrut tenaga kerja, harus disampaikan ke pemerintah.

Baca juga: DIBUKA 30 Lowongan Kerja Terbaru di PT Indofood untuk Lulusan SMA/SMK hingga S1, Daftar di Sini

Adanya data yang terhimpun ini akan memudahkan dalam berbagai hal terutama dalam mengambil kebijakan. Sebagai contoh, menurutnya, perusahaan akan lebih mudah mencari tenaga kerja yang sesuai dengan kebutuhan.

Begitu pun bagi masyarakat, mereka akan mengetahui lowongan kerja yang sesuai dengan keahliannya.

Oleh karena itu, melalui jabarjawara.id yang dibangun hasil kerjasama dengan topkarir, perusahaan yang menginformasikan lowongan kerja, dia berharap bisa menghimpun data yang lengkap dan akurat terkait ketenagakerjaan.

Nantinya, portal jabarjawara.id akan memuat sejumlah data baik yang diperlukan perusahaan untuk mencari tenaga kerja maupun bagi masyarakat yang akan mencari kerja.

Tak hanya itu, dalam situs ini pun akan diketahui mengenai potensi dan keahlian warga Jawa Barat.

Baca juga: BAHAGIA Sambut Ramadan 1442 H Tanda Keimanan Seorang Muslim, Berlimpah Pahala, Diampuni Dosa Lampau

"Sebab, dalam portal jabarjawara.id inipun pihaknya menyediakan tes minat dan bakat bagi tiga juta warga. Kita berharap melalui pancingan tiga juta tes minat dan bakat ini, kita bisa mulai untuk menghimpun semua data ketenagakerjaan," katanya.

Tiga juta warga yang mengikuti tes minat dan bakat inipun diproyeksikan mendapat pekerjaan hingga 2023. Menurutnya, dalam jabarjawara.id ini akan dinformasikan mengenai lowongan perkerjaan dari seluruh perusahaan di Jawa Barat.

CEO topkarir, Bayu Janitra, mengatakan, saat ini terdapat 3.800 lowongan pekerjaan yang diumumkan di situs tersebut.

Pihaknya akan terus canvasing ke perusahaan, supaya jumlah lowongan kerja terus bertambah, jadi bisa lebih banyak tenaga kerja yang diserap.

Baca juga: Nasib Pemilik Mobil yang Ringsek Tertimpa Pohon Tumbang di Bandung, Pasrah Lihat Mobil Rusak Parah

Pihaknya menargetkan hingga bulan ini terdapat 10 ribu lowongan kerja yang diumumkan di jabarjawara.id. Selain itu, menurutnya masyarakat pun bisa meningkatkan keahlian dan pengetahuan dengan mengakses situs tersebut.

Beberapa materi pelatihan bisa diikuti terutama menyangkut kewirausahaan.
Sebagai contoh, pihaknya menyediakan tayangan video tentang pengurusan legal formal bagi pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah.

Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved