Breaking News:

VIDEO-Datangi Kampung Adat di Sukabumi, Ridwan Kamil Puji Listrik Kasepuhan yang Mandiri

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Kang Emil) mendatangi Kampung Adat Ciptagelar di Desa Sirnaresmi, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi.

Laporan Kontributor Tribunjabar.id Kabupaten Sukabumi M Rizal Jalaludin

TRIBUNJABAR.ID, SUKABUMI - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Kang Emil) mendatangi Kampung Adat Ciptagelar di Desa Sirnaresmi, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi.

Dengan menggunakan Helikopter milik TNI AU Kang Emil sampai di Kampung Adat dengan di sambut gerimis.

Emil mengatakan, dirinya mengunjungi kasepuhan (Kampung Adat) untuk memastikan perlindungan seluruh masyarakat berlangsung dengan baik.

Baca juga: VIDEO-Bahaya, Warga Harus Gotong Motor, Seberangi Sungai Karangbolong Sukabumi, Jembatannya Rusak

"Sebagai gubernur saya harus memastikan perlindungan-perlindungan seluruh masyarakat berlangsung dengan baik, selama satu tahun saya mohon maaf belum ada kesempatan untuk mendatangi kasepuhan kampung-kampung adat Jawa Barat baru kali ini, oleh karena itu tadi sudah sowan kemudian ada aspirasi-aspirasi yang tentunya kita akan dukung," ujarnya kepada wartawan.

Emil juga membawa bantuan senilai Rp 50 juta yang diperuntukkan untuk kebutuhan warga Kampung Adat. 

Emil juga memuji teknologi listrik di Kampung Adat. Dimana mereka menggunakan listrik mandiri dari sumber air atau pembangkit listrik tenaga air (PLTA) sendiri.

Baca juga: VIDEO-Jelang Ramadan Beberapa Komoditas Sembako di Subang Mengalami Kenaikan Harga

"Saya membawa bantuan Rp 50 juta, saya senang karena listriknya itu di sini mandiri, listriknya dari air sungai sendiri ternyata turbinnya rusak nah itu minggu depan akan kita perbaiki, kemudian variasi bercocok tanam juga dikembangkan, termasuk juga ternyata kesepuhan Ciptagelar sangat senang dengan inovasi teknologi, tanpa menghilangkan nilai-nilai adat kesundaan," katanya.

"Saya itu pesan yang luar biasa, adatnya dipelihara tapi tidak gaptek, itu satu juga mereka yang membuat bisa beradaptasi, saya juga akan menginap karena nanti setelah aman nyaman, promosi pariwisata sesuai dengan kenyamana di kasepuhan itu akan dibuka kembali dan menginap di home stay yang sudah disediakan sehingga membantu ekonomi warga disini," ujarnya. (*)

Penulis: M Rizal Jalaludin
Video Editor: Edwin Tk

Penulis: M RIZAL JALALUDIN
Editor: Teguh Kurnia
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved