Breaking News:

Jelang Ramadan, Harga Ayam Tembus Rp 42 Ribu, Ternyata Ini Penyebabnya

Jelang Ramadan harga daging ayam terus naik dan H-10 memasuki bulan puasa harga daging ayam tembus Rp 42 ribu/kg

TRIBUN JABAR / GANI KURNIAWAN
ilustrasi- Oneng (29) pedagang ayam potong, menimbang dagangannya di Pasar Cihaurgeulis, Jalan Surapati, Kota Bandung, Senin (24/8/2015). 

TRIBUNJABAR.ID,CIAMIS – Menjelang bulan Ramadan ini, harga daging ayam potong di Pasar Manis Ciamis terus membubung.  Sepuluh hari  lagi  masuknya  Ramadan,  Sabtu (3/4) harga daging ayam potong jenis broiler (BR) sudah menembus angka Rp 42.000/kg.

“Sudah dua hari ini harga daging ayam Rp 42.000/kg. Naik dari Rp 40.000/kg,” ujar Maman Nanu, penjual daging ayam potong di Blok A Pasar Manis Ciamis kepada Tribun Sabtu (3/4).

Katanya dalam seminggu terakhir, harga daging ayam potong terus bergerak naik. Mulai dari Rp 38.000/kg, kemudian naik jadi Rp 40.000/kg dan sudah dua hari ini harga daging ayam potong jenis BR naik lagi jadi Rp 42.000/kg.

Baca juga: Kapal Tabrakan di Indramayu, 17 ABK Masih Hilang, Tim SAR Langsung Ke Lokasi Kecelakaan, Butuh 8 Jam

Menurut Maman Nanu, kenaikan harga daging ayam potong tersebut karena harga di bandar juga naik.

Sekretaris  Perkumpulan Peternak Ayam Priangan (P2AP) Ir H Kuswara Suwarman  MSc mengakui bahwa menjelang bulan puasa ini kenaikan harga ayam juga terjadi di tingkat peternak.

“Dari peternaknya harga ayam BR memang sudah naik,” ujar Ir H Kuswara kepada Tribun Sabtu (3/4).

Hari Kamis (1/4) realisasi harga ayam BR di tingkat peternak di Ciamis masih sekitar Rp 20.000/kg hidup (livebird). Sementara, Sabtu (3/4) sudah naik di kisaran Rp 21.000-Rp 21.500/kg.

Baca juga: Dukung Pengentasan Kemiskinan, LPNU Siap Ambil Peran dan Kerjasama dengan Pemerintah

Realisasi harga ayam BR hidup di kisaran Rp 21.000-Rp 21.500/kg tersebut menurut Kuswara tidak hanya terjadi di Ciamis dan Tasikmalaya.

Tetapi kisaran harga serupa juga terjadi di Kerawang, Bekasi, Subang dan Purwakarta , berikut di Bandung, Sumedang, Garut dan di Cirebon, Indramayu, Majalengka  serta Kuningan.

Sementara di  Bogor, Depok, Cianjur dan Sukabumi harga ayam BR di tingkat peternak sedikit lebih tinggi. Yakni di kisaran Rp 21.500-Rp 22.000/kg.

Baca juga: VIDEO-Istri Terduga Teroris di Sukabumi Senang Dapat Bantuan dari Presiden Jokowi: untuk Biayai Anak

Kuswara memperkirakan, awal pekan depan harga ayam BR di tingkat peternak di Ciamis akan naik menembus angka Rp 22.000/kg hidup.

Normalnya harga ayam menjelang munggahan (masuknya bulan puasa) terus bergerak naik.

Tidak hanya harga ayam BR, menurut Kuswara harga ayam ras pedaging layer jantan (penjantan) juga bergerak naik. Berikut juga harga telur ayam ras di tingkat peternak.

Penulis: Andri M Dani
Editor: Siti Fatimah
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved