Breaking News:

Hari Terakhir Long Weekend , Penumpang Bus di Terminal Ciakar Sumedang Melonjak

Penumpang bus di Terminal Tipe A Ciakar, Kabupaten Sumedang mengalami peningkatan sebanyak 20 persen

tribunjabar/hilman kamaludin
Hari Terakhir Long Weekend , Penumpang Bus di Terminal Ciakar Sumedang Melonjak 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, SUMEDANG - Penumpang bus di Terminal Tipe A Ciakar, Kabupaten Sumedang mengalami peningkatan sebanyak 20 persen pada hari terakhir libur panjang saat peringatan Paskah, Minggu (4/4/2021).

Penumpang bus yang mengalami peningkatan di Terminal Ciakar tersebut, rata-rata tujuannya yakni ke Jakarta, Tangerang, Bogor, dan Bekasi.

Komandan Regu A Terminal Tipe A Ciakar, Undang Warnayat mengatakan, lonjakan penumpang itu terjadi sejak Minggu pagi dan diprediksi akan terjadi hingga Minggu malam.

"Mengenai hari libur Paskah, terutama hari ini ada lonjakan kira-kira 20 persen dari hari-hari biasa," ujarnya saat ditemui di Terminal Tipe A Ciakar. 

Baca juga: Volume Kendaraan di Tol Jakarta-Cikampek Arah Jakarta Naik Tajam Sejak Dini Hari Tadi

Meskipun ada peningkatan jumlah penumpang, pengelola terminal tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat, terutama pembatasan jumlah penumpang di setiap masing-masing bus.

Hanya saja, kata Undang, para calon penumpang bus itu tidak diwajibkan untuk membawa surat keterangan negatif Covid-19, seperti hasil rapid tes antigen. 

"Namun penumpang diwajibkan mengikuti protokol kesehatan yang ketat, dengan memakai masker, mencuci tangan, dan menjalani pengecekan suhu tubuh yang sudah disiapkan petugas terminal," katanya.

Undang mengatakan, jika ada penumpang yang suhu tubuhnya tinggi, pihaknya langsung berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Sumedang, untuk ditindaklanjuti dan dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Baca juga: BREAKING NEWS, Baru Saja Terjadi Kecelakaan Maut Kendaraan Motor di Jalan Raya Ciater

Sementara untuk antisipasi lonjakan penumpang yang signifikan, pihaknya sudah menyiapkan 12 armada bus antar kota antar provinsi (AKAP), dan 8 bus antar kota dalam provinsi (AKDP).

"7 armada bus dari PO Cahaya Bakti Utama (CBU), dan 5 bus dari PO Medal Sekarwangi (MS). Jadi ada 12 armada bus AKAP yang kami siapkan," ucap Undang.

Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved