Breaking News:

VIDEO Melihat Penggemukan Bebek Bule, Kosasih Kelimpungan Hadapi Cuaca Ekstrim

Upaya pemulihan ekonomi di masa Pandemi Covid19 tidak mudah bak membalikkan telapak tangan. Hal demikian inilah yang dirasakan Kosasih (45)

Laporan Kontributor Kuningan, Ahmad Ripai

TRIBUNCIREBON.COM,KUNINGAN - Upaya pemulihan ekonomi di masa Pandemi Covid19 tidak mudah bak membalikkan telapak tangan. Hal demikian inilah yang dirasakan Kosasih (45), warga Desa Cikeusal, Kecamatan Cimahi, Kuningan, Jawa Barat.

Saat ditemui di kandang Bebeknya, Kosasih mengatakan, menghadapi cuaca ekstrim tidak sedikit ternak bebek bule mengalami kerugian yang di akibatkan terjadi kematian pada ternak unggas tersebeut.

"Usaha ternak bebek bule di musim pancaroba sekarang, angka kematian mengalami kenaikkan, rata - rata jumlah kematian itu ada sekitar 2 persen dari total pemeliharaan sebanyak 4 ribu ekor," ungkap Kosasih keapda TribunCirebon.com, Kamis (1/4/2021).

Ketekunan usaha sejak beberapa tahun terakhir, Kosasih mengaku bahwa awal budidaya bebek bule ini mulai sebanyak 300 ekor dan setiap tahunnya mmengalami kenaikan jumlah ternak hingga sekarang kandang bebek ini memiliki daya tampung 4 ribu ekor.

"Awal ternak itu mulai 300 ekor,700 ekor dan hingga sekarang bertahan di 4 ribu ekor bebek. Kemudian cara mendapatkan anakan bebek, ini dapat beli dari dari perusahaan Gunung Sindur dengan harga satuan per ekornya Rp 12 ribu," ungkap Kosasih lagi.

Mengenai cara perawatan dalam pembesaran bebek bule, Kosasih mengaku bahwa ini tidak jauh beda dengan cara beternak ayam pedaging alias broiler. "Cara ternak sama kaya ternak ayam pedaging. Umur nol hingga semingguan itu kita fasilitasi lokasinya dengan alat penghangat dan pakan sesuai ukuran bebek pada waktu itu," katanya.

Dalam menjalani perawatan bebek bule ini jelas membutuhkan biaya cukup tinggi, hal itu di dukung dengan kebutuhan pokok diantaranya pakan dan biaya tambahan lainnya, seperti pembayaran listrik untuk penerangan kandang.

Halaman
12
Penulis: Ahmad Ripai
Editor: yudix
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved