Breaking News:

PLN Siap Jalankan Keputusan Pemerintah Perpanjang Stimulus Listrik Periode April-Juni 2021

PLN bersiap memperpanjang pemberian stimulus listrik bagi masyarakat kecil, pelaku usaha, seperti industri dan bisnis, serta sosial

Penulis: Muhamad Nandri Prilatama | Editor: Seli Andina Miranti
Tribun Jabar/ Muhammad Nandri Prilatama
Warga sedang mengisi token listrik 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Muhamad Nandri Prilatama

TRIBUNJABAR.ID, PURWAKARTA - PLN bersiap memperpanjang pemberian stimulus listrik bagi masyarakat kecil, pelaku usaha, seperti industri dan bisnis, serta sosial periode April hingga Juni 2021. Stimulus ini diberikan sebagai bentuk perlindungan sosial dari pemerintah untuk masyarakat di tengah situasi pandemi.

Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan PLN, Bob Saril mengatakan, pihaknya siap mendukung dan menjalankan keputusan pemerintah untuk terus memberikan stimulus listrik. Karena sifatnya perpanjangan, kata Bob, pihaknya meyakini penyaluran dapat berjalan dengan lancar.

"Kami berharap stimulus listrik ini bisa mendorong masyarakat dan pelaku usaha tetap produktif dan meningkatkan daya beli di tengah pandemi," katanya, Selasa (23/3/2021).

Berdasarkan surat Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Republik Indonesia, stimulus periode April hingga Juni 2021, besarannya akan diberikan separuh dari periode sebelumnya, yaitu:

1. Pelanggan golongan rumah tangga daya 450 Volt Ampere, bisnis kecil daya 450 VA dan industri kecil daya 450 VA diberikan diskon tarif listrik sebesar 50 persen dengan maksimal penggunaan 720 jam nyala.

2. Pelanggan golongan rumah tangga daya 900 VA bersubsidi diberikan diskon sebesar tarif listrik 25 persen dengan maksimal penggunaan 720 jam nyala.

3. Pembebasan biaya beban atau abonemen, serta pembebasan ketentuan rekening minimum sebesar 50 persen bagi pelanggan industri, bisnis, dan sosial.

Baca juga: PT KAI Daop 3 Cirebon Tertibkan Aset Rumah Perusahaan, Langsung Dipasang Pagar

Bagi pelanggan pascabayar, Bob menambahkan diskon dapat diberikan dengan langsung memotong tagihan rekening listrik pelanggan. Sementara untuk pelanggan prabayar, diskon tarif listrik diberikan saat pembelian token listrik.

"Pelanggan prabayar daya 450, tak perlu lagi mengakses token, baik di web, layanan whatsapp, maupun PLN Mobile. Stimulus akan langsung di dapat saat membeli token listrik," katanya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved