Breaking News:

WASPADA Rekrutmen Palsu Lowongan untuk Berbagai Posisi Mencatut Nama PLN, Ini Penjelasannya

Dalam pengumuman hoaks rekrutmen pegawai PLN tersebut tertulis pendaftaran bulan Maret dan berakhir hari ini.

Istimewa
PT PLN diserang hoaks soal perekrutan pegawai. Dalam pengumuman hoaks tersebut pendaftaran tertulis pendaftaran bulan Maret dan berakhir hari ini. 

Laporan Wartawan TribunJabar.id, Ferri Amiril Mukminin

TRIBUNJABAR.ID, CIANJUR - PT PLN diserang hoaks soal perekrutan pegawai. Dalam pengumuman hoaks tersebut pendaftaran tertulis pendaftaran bulan Maret dan berakhir hari ini.

Analis Kinerja Sistem Manajemen PLN UP3 Cianjur, Deetje Mardijah, mengatakan isi hoaks tersebut beredar soal rekrutmen umum PLN untuk tingkat SMA/SMK, D III, D IV, dan SI.

Bahkan si pembuat hoaks secara detil menulis pendaftaran sampai 14 Maret dengan lowongan untuk posisi operator teknisi, teknik mesin, teknik listrik, teknik sipil, administrasi, call center, customer servis, dan sekretaris. Mirip aslinya, ada lima persyaratan pun ditulis namun alamat emailnya ganjil karena bukan alamat email dari PLN.

"Modus penipuan tersebut melalui iklan lowongan kerja di internet, media sosial, dan SMS/WhatsApp," ujar Deetje, Minggu (14/3/2021) melalui sambungan telepon.

Si penipu juga sering mencantumkan alamat email tidak berbayar serta email lain yang bukan email resmi PLN.

Deetje mengatakan, dalam hoaks tersebut juga menginformasikan bahwa calon pelamar harus mengikuti tes, biasanya berlokasi di luar kota tempat kedudukan dengan alamat palsu.

"Dengan beredarnya informasi hoaks pekerjaan yang mengatasnamakan PT PLN kami menyatakan bahwa setiap lowongan pekerjaan PLN selalu diinformasikan melalui website resmi rekrutmen.pln.co.id," kata Deetje.

Baca juga: Tutup Latihan di Pekan Ke 2, Ini Rencana Persib di Pekan ke 3

Menurutnya, PLN tidak pernah bekerjasama dengan pihak tour atau travel agency manapun untuk biaya akomodasi dan transportasi peserta rekrutmen, semua seleksi rekrutmen dan seleksi di PLN tak dipungut biaya sepeserpun.

"Kami imbau untuk waspada dan tak mudah tertipu dengan iklan lowongan pekerjaan di PLN yang disitu tertulis pendaftaran bulan Maret ini," katanya.

Baca juga: Pertandingan Perdana Lawan Bali United di Piala Menpora 2021, Persib Bandung Masih Terkendala Ini

Baca juga: Danny Guthrie akan Diperkenalkan di Ulang Tahun Persib Bandung? Ini Jejak Danny di Liga Inggris

Penulis: Ferri Amiril Mukminin
Editor: Seli Andina Miranti
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved