Breaking News:

UTBK SBMPTN 2021

UPI Buka Kuota Pendaftaran UTBK-SBMPTN 2021, 40 Persen dari Total Daya Tampung

Pendaftaran UTBK-SBMPTN 2021 akan dilaksanakan pada 15 Maret-1 April secara daring, melalui akses laman portal.ltmpt.ac.id.

Tribun Jabar
Kepala Kantor Humas UPI, Deni Darmawan (jas hitam), menjelaskan pelaksanaan UTBK-SBMPTN UPI 2021 dalam kegiatan konferensi pers di Kampus UPI, Jalan Setiabudi, Kota Bandung, Selasa (9/3/2021). 

Laporan wartawan Tribun Jabar.id, Cipta Permana

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Pendaftaran Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK-SBMPTN) 2021 akan dilaksanakan pada 15 Maret-1 April secara daring, melalui akses laman portal.ltmpt.ac.id.

Untuk dapat mengakses pendaftaran tersebut, para calon mahasiswa pun diwajibkan terlebih dahulu membuat akun registrasi Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) yang telah dibuka pada 7 Februari-12 Maret 2021.

Direktur Direktorat Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Asep Supriatna, mengatakan, pendaftaran akun LPMPT ini sangat penting.

Baca juga: Sepuluh Rumah Warga di Panjalu Ciamis Rusak Diterjang Angin Kencang, Asbes dan Genteng Berjatuhan

Baca juga: Ramadhan 1442 H, Begini Tips dan Strategi Mengkhatamkan Al Quran dalam Waktu 30 Hari di Bulan Puasa

Selain karena menjadi syarat baru untuk dapat mengikuti SNMPTN dan UTBK-SBMPTN, akses ini kerap dilupakan dan menjadi persoalan bagi calon mahasiswa yang akan melanjutkan pendidikannya ke PTN.

"Kami sangat mengimbau kepada masyarakat, khususnya calon mahasiswa agar dapat memperhatikan secara seksama bagaimana tahapan ketentuan dalam regulasi UTBK-SBMPTN ini, termasuk kapan masa pendaftaran dapat dilakukan, karena hal ini kerap menjadi persoalan bagi calon mahasiswa untuk dapat menjadi peserta seleksi PTN, sebab ini syarat utama," ujarnya melalui video conference, Selasa (9/3/2021).

Asep menuturkan, dalam UTBK-SBMPTN, setiap peserta seleksi berhak memilih lebih dari satu PTN lintas wilayah.

Namun, peserta seleksi yang telah diterima melalui jalur SNMPTN 2021 tidak diperbolehkan untuk dapat mendaftarkan ke jalur SBMPTN 2021.

"Merujuk pada ketentuan LTPMT, kuota untuk jalur SBMPTN untuk PTN adalah minimal 30 persen dari kuota daya tampung setiap program studi."

"Maka berdasarkan hal tersebut, kuota untuk jalur UTBK-SBMPTN UPI dipilih, yaitu 40 persen atau 4.561 peserta dari total daya tampung semua jalur seleksi UPI sebanyak 10.115 mahasiswa baru tahun akademik 2021/2022," ucapnya.

Halaman
12
Penulis: Cipta Permana
Editor: Hermawan Aksan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved