Breaking News:

Gempa Bumi

Apa Itu Gempa Megathrust? Kini Jadi Perbincangan di Media Sosial, Disinggung Luhut dalam Rapatnya

Apa itu gempa megathrust? Kini, fenomena gempa bumi tersebut jadi perbincangan netizen di media sosial. Menko Luhut juga menyinggung soal megathrust.

BMKG / wired.com
Ilustrasi - Apa itu gempa megathrust? Kini, fenomena gempa bumi tersebut jadi perbincangan netizen di media sosial. Menko Luhut juga menyinggung soal megathrust. 

TRIBUNJABAR.ID - Apa itu gempa megathrust? Kini, fenomena gempa bumi tersebut jadi perbincangan netizen di media sosial.

Hal ini juga disinggung Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Pandjaitan dalam Rapat Koordinasi Nasional Penanganan Bencana (Rakornas BP) secara virtual, Kamis (4/3/2021).

"Kita ini takut megathrust. Megathrust yang bisa terjadi di pantai barat Sumatera, pantai selatan Jawa. Di mana, kapan, dan bagaimana itu yang kita tidak tahu," kata Luhut.

Lantas, apa itu gempa megathrust?

Dalam wawancara dengan Kompas.com, Sabtu (7/4/2018), Kepala Bidang Mitigasi Gempabumi dan Tsunami BMKG Daryono mengatakan, megathrust bisa diartikan sesuai dengan kata penyusunnya.

"Thrust" merujuk pada salah satu mekanisme gerak lempeng yang menimbulkan gempa dan memicu tsunami, yaitu gerak sesar naik.

Baca juga: Mbah Rono Sebut Gempa Bumi Tak Membunuh, yang Membunuh Justru adalah Infrastrukturnya

Dengan demikian, megathrust bisa diartikan gerak sesar naik yang besar.

Daryono menjelaskan, mekanisme gempa megathrust bisa terjadi di pertemuan lempeng benua.

Dalam geologi tektonik, wilayah pertemuan dua lempeng disebut zona subduksi.

Sementara zona megathrust terbentuk ketika lempeng samudra bergerak ke bawah menghunjam lempeng benua dan menimbulkan gempa bumi.

Halaman
123
Editor: Yongky Yulius
Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved