Breaking News:

Satker Pastikan Pembebasan Lahan untuk Proyek Jalan Tol Cisumdawu Selesai April 2021

Untuk saat ini, pihaknya sedang memperbaiki masalah data pembebasan lahan tersebut agar pembayarannya bisa sesuai dengan yang ada di lapangan

Tribun Jabar/Seli Andina Miranti
Kondisi proyek Tol Cisumdawu di sepanjang titik terowongan Tol Cisumdawu di Pamulihan hingga di Blok Sabagi di Kecamatan Sumedang Selatan, Senin (25/3/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, SUMEDANG - Satuan Kerja (Satker) Jalan Tol Cisumdawu memastikan pembebasan lahan untuk menunjang mega proyek tersebut bakal selesai pada April 2021 mendatang.

Untuk itu, dalam rangka mendorong penyelesaian pembebasan lahan Tol Cisumdawu, Satuan Kerja Tol Cisumdawu meminta pihak kecamatan, polsek, koramil dan desa membantu mempercepat proses perbaikan administrasi data di lapangan.

“Pembebasan lahan bisa selesai di bulan April 2021 secara keseluruhan. Kita yakinkan, pendanaan dan prosesnya dengan pihak kecamatan, polsek, koramil dan desa agar mempercepat proses administrasi data," ujar Kasatker Cisumdawu, Vidi Ferdian di Pendopo IPP Setda Kabupaten Sumedang, Senin (1/3/2021).

Untuk saat ini, kata dia, pihaknya sedang memperbaiki masalah data pembebasan lahan tersebut agar pembayarannya bisa sesuai dengan yang ada di lapangan.

Ia mengatakan, ada beberapa desa yang lahannya dibutuhkan segera untuk kegiatan kontruksi sambil nantinya dilakukan proses pembayaran.

Menurutnya, hal itu bisa saja dilakukan selama ada komunikasi dengan warga setelah berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Sumedang.

“Walaupun sudah dikerjakan kontruksi, lahan tetap akan dibayarkan dan diproses sampai dengan bulan April 2021. Ada empat lokasi di empat desa yang kontruksinya harus dimulai di bulan Maret agar bisa selesai Desember 2021,” kata Vidi.

Baca juga: Stimulus Bulan Maret Sudah Bisa Dinikmati, Begini Cara Mudah Dapat Diskon Token Listrik Gratis

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Sumedang, Endah Kusyaman mengatakan, pihaknya siap mendorong penyelesaian pembebasan lahan melalui percepatan proses adminsitrasi data agar pengerjaan kontruksi bisa secepatnya bisa dilakukan di bulan ini.

“Berdasarkan PPK, pelaksanaan fisik akan dimulai bulan Maret. Para kepala desa, camat, dan Forkopimcam harus siap karena ada beberapa permasalahan yang belum diselesaikan. Insyaallah kami siap membantu pelaksanaannya,” ucapnya.

Khusus berkaitan dengan Tanah Kas Desa yang terkena Tol Cisumdawu, kata Endah, pihaknya sedang mencari tanah pengganti. Saat ini untuk persyaratan dan kelengkapannya masih menunggu rekomendasi dari gubernur.

“Ada beberapa desa Tanah Kas Desa yang terkena jalan tol, nanti dicari tanah penggantinya dan itu sedang dipersiapkan," kata Endah.

Baca juga: Diduga Jadi Korban Kekerasan, Bocah 6 Tahun Dianiaya Ibu Tiri, Disiram Air Panas Hingga Dicekik

Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: Seli Andina Miranti
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved