Breaking News:

Terciduk Tak Pakai Masker, Seorang Pelajar di Sumedang Dihukum Baca Syahadat dan Pancasila

Seorang pelajar terciduk tidak memakai masker saat anggota Satpol PP Kabupaten Sumedang melaksanakan

istimewa
Terciduk Tak Pakai Masker, Seorang Pelajar di Sumedang Dihukum Baca Syahadat dan Pancasila 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, SUMEDANG - Seorang pelajar terciduk tak pakai masker saat anggota Satpol PP Kabupaten Sumedang melaksanakan patroli Penegakan Hukum dan Pendisiplinan (Gakumlin) di daerah Kecamatan Situraja, Jumat (26/2/2021).

Pelajar berjenis kelamin laki-laki berusia 13 tahun itu,  langsung dikenakan sanksi oleh anggota Satpol PP dengan membacakan pancasila dan membaca syahadat. Namun, pelajar itu tidak fasih saat membacakan syahadat hingga harus diulang-ulang.

Kepala Bidang Penegakkan Perundang-Undangan Daerah (PPUD) Satpol PP Kabupaten Sumedang, Yan Mahal Rizzal, mengatakan, hukuman wawasan kebangsaan dan keagamaan itu sebagai bentuk hukuman bagi pelajar yang melanggar protokol kesehatan.

"Lokasi di wilayah Kecamatan Situraja, dia beralasan mau ke rumah temen yang jaraknya dekat, jadi lupa tidak pakai masker," ujarnya saat dihubungi.

Baca juga: Mahasiswa Unpad Ciptakan Masker Kain Dari Sekam Padi, Raih Juara Internasional, Ini Kelebihannya

Rizzal mengatakan, pelaksanaan patroli di wilayah Kecamatan Situraja itu sasarannya yakni pasar Situraja, pelaku usaha dan pengendara roda 2 yang tidak menggunakan masker di ruang publik.

"Salah satunya pelajar tersebut yang menggunakan kendaraan motor, tapi tidak menggunakan masker," kata Yan Mahal Rizal.

Selain tidak memakai masker, kata Rizal, pelajar itu juga tidak membawa SIM, tidak memakai helm, bahkan kendaraannya tanpa dilengkapi dengan nomor kendaraan atau plat nomor.

"Cara bertindaknya mensosialisasikan peraturan Inmendagri Nomor 4 Tahun 2021, Perbup Nomor 5 Tahun 2021 dan Kepbup Nomor 110 Tahun 2021," kata Rizal.

Baca juga: Terungkap Pembuang Bayi di Toilet Pabrik di Cipendeuy Subang Adalah Karyawati Sekaligus Ibu Bayi

Sasaran sosialisasi tersebut yakni untuk perseorangan pelaku usaha, penanggungjawab kegiatan dan pengguna moda transportasi umum, pribadi, dinas maupun pengguna sepeda motor.

"Dalam patroli tersebut petugas yang terlibat yakni, TNI, Polri, Dishub, Satpol PP Kabupaten Sumedang, anggota Polsek Situraja, anggota Koramil Situraja, dan Kasi Trantibum," ucapnya.

Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved