Breaking News:

Ini yang Harus Dilakukan Jika Gempa Bumi Terjadi dan Anda Sedang Mengendarai Mobil

Apabila Anda berada di mobil saat terjadi gempa bumi, segera turun dan jauhi mobil Anda jika terjadi suatu pergeseran atau kebakaran.

Editor: Yongky Yulius
Pixabay.com
Ilustrasi gempa bumi. Apabila Anda berada di mobil segera turun dan jauhi mobil Anda jika terjadi suatu pergeseran atau kebakaran. 

TRIBUNJABAR.ID - Belakangan ini gempa kerap terjadi di sejumlah negara termasuk di Indonesia. Terakhir gempa cukup dahsyat terjadi di Jepang. Meski begitu, tidak dilaporkan adanya korban jiwa dalam kejadian tersebut.

Kejadian gempa memang tidak bisa diprediksi bahkan oleh teknologi sekalipun namun upaya pencegahan meminimalisir dampak gempa dapat dilakukan.

Termasuk mencegah agar tidak ada korban jiwa bila terjadi gempa.

Untuk itu, sebagai negara yang juga rawan gempa, masyarakjat Indonesia harus paham bagaimana menyikapi bila gempa terjadi.

Baca juga: Ini Tips Menyelamatkan Diri Jika Gempa Bumi Terjadi Ketika Kita Sedang Berada di Dalam Gedung

Dilansir dari Kontan.Id, Indonesia termasuk negara yang rawan terjadi gempa bumi. Indonesia rawan gempa lantaran terletak di atas tiga lempeng yakni Lempeng Eurasia, Lempeng Pasifik, dan Lempeng Indo-Australia. 

Dikutip dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), ancaman gempa bumi terbesar di hampir seluruh wilayah kepulauan Indonesia, baik kecil maupun besar.

Wilayah yang paling rawan gempa yakni Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Bengkulu, Lampng, Jawa Barat, Yogyakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara, Sulawesi, Maluku, Maluku Utara, dan Papua. 

Hanya di Kalimantan bagian barat, tengah, dan selatan, sumber gempa bumi tidak ditemukan. Tetapi, masih ada guncangan yang berasal dari gempa yang bersumber di Laut Jawa dan Selat Makassar. Lantas, apa yang harus dilakukan saat terjadi gempa bumi?

Hal yang harus dilakukan saat terjadi gempa bumi

Ada hal yang harus dilakukan saat terjadi gempa bumi

Halaman
1234
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved