Breaking News:

Virus Corona di Jabar

Imbas Hajatan, Kades dan Seorang Aparat Desa Positif Covid-19, Balai Desa Ratawangi Tutup 3 Hari

Imbas hajatan, belasan orang di Ciamis positif Covid-19 termasuk seorang kepala desa.

freepik
Kasus Covid-19 di Ciamis. 

TRIBUNJABAR.ID, CIAMIS - Aktivitas pelayanan di Kantor Desa Ratawangi, Kecamatan Banjarsari, Ciamis tutup sementara selama 3 hari, mulai Selasa (23/2/2021) sampai Kamis (25/2/2021).

Ditutupnya gedung kantor Balai Desa Ratawangi yang berloaksi di sisi Jalan Raya Banjarsari-Pangandaran tersebut menyusul meningkatnya kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Desa Ratawangi.

Bahkan kades dan seorang aparat desa juga positif tertular Covid-19.

Baca juga: Pasutri Punya 16 Anak, Kartu Kelurga Sampai Dua Lembar, Awalnya Pengen 2, Jadi Keterusan Karena Ini

Baca juga: Modus Baru Pencurian, Pura-pura Jadi Tenaga Kesehatan, Gelang Emas 20 Gram Milik Seorang Nenek Raib

Baca juga: Legenda Keuyeup Bodas Raksasa Alias Kepiting Putih dan Potensi Gempa Bumi di Waduk Jatigede

“Ada peningkatan kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Desa Ratawangi. Total kasus positif mencapai 23 orang. Termasuk kades dan seorang aparat desa,” ujar Camat Banjarsari, H Dede Iwa Saputra didampingi Sekmat Banjarsari, H Osep Hernandi kepada TribunJabar.id Rabu (24/2/2021).

Laporan dari Puskesmas Ciulu, Banjarsari, sampai hari Rabu, menurut Dede Iwa, total kasus terkonfirmasi positif di Desa Ratawangi sudah mencapai 23 orang.

Dengan rincian 17 orang masih dalam kondisi positif aktif, di antaranya  menjalani isolasi mandiri di rumah sebanyak 16 orang dan seorang dirawat di rumah sakit.

Sembuh 4 orang, selesai menjalani isolasi mandiri (10 hari) seorang dan meninggal seorang.

Menurut Dede Iwa terjadinya penularan Covid-19  yang cukup masif di Desa Ratawangi tersebut diduga berasal dari kegiatan hajat resepsi pernikahan di salah satu rumah warga,

Dari 23 orang yang terkonfirmasi positif tersebut sebagian besar merupakan keluarga dan tetangga penyelenggara hajat, termasuk juga kades dan seorang aparat desa yang hadir pada resepsi hajatan tersebut.

Tindakan yang sudah dilakukan Satgas Covid-19 Banjarsari menurut Dede Iwa, diawali dengan rapat teknis Satgas tingkat kecamatan dan tingkat desa Senin (22/2/2021) yang berlanjut dengan keputusan penutupan layanan Balai Desa Ratawangi mulai Selasa kemarin untuk 3 hari berikutnya.

Pelayanan dialihkan ke Posko Satgas Covid-19 dengan penerapan protokol kesehatan secara ketat.

Melakukan penyemprotan disinfektan di ruang kantor dan aula desa, berikut berbagai tempat umum berturut-turut selama 3 hari.   

Juga dilakukan tracking, tracing dan treatment terhadap kontak erat dan menyiapkan tempat dan logistik (sembako) untuk yang menjalani isolasi mandiri.

Baca juga: INFO TERBARU, Lowongan Kerja Magang Bakti di Bank BCA untuk Lulusan SMA/SMK/D3/S1, Daftar di Sini

Baca juga: Berikut 5 Tanda Gempa Bumi, Ini Keanehan yang Terjadi Sebelum Terjadi Guncangan Gempa

Penulis: Andri M Dani
Editor: taufik ismail
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved